PENGEMBANGAN MEDIA KERETA PINTAR UNTUK MENGENAL KONSEP LAMBANG HURUF ANAK USIA 4-5 TAHUN
DEVELOPMENT OF SMART TRAIN MEDIA TO RECOGNIZE THE CONCEPT OF LETTER SYMBOLS FOR 4-5 YEARS OLD CHILDREN
Pada masa usia emas anak perlu diberi stimulasi yang sesuai dengan usia dan kemampuannya, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunaan media. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media kereta pintar yang layak, praktis dan efektif untuk mengenal konsep lambang huruf anak usia 4-5 tahun. Metode Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 ahli materi dan ahli media, 10 anak usia 4-5 tahun dan 5 guru TK. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan observasi non partisipan dengan uji coba terbatas. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu memperoleh persentase 96,4% dari ahli materi dan 95% dari ahli media. Hasil persentase dari respon siswa yaitu 93% dan dari respon guru yaitu 92%. Analisis hasil perhitungan dari lembar observasi pada subjek uji coba coba terbatas yaitu t hitung sebesar -10.585 dengan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa media kereta pintar layak, praktis dan efektif untuk mengenal konsep lambang huruf anak usia 4-5 tahun.
During the golden age, children need to be stimulated according to their age and ability, one way that can be done is by using the media. The purpose of this study is to develop a feasible, practical and effective smart train media to recognize the concept of letter symbols for children aged 4-5 years. The research method used is a 4D research type developed by Thiagarajan, namely define, design, develop and disseminate. The subjects in this study were 1 material expert and media expert, 10 children aged 4-5 years and 5 kindergarten teachers. The data collection technique in this study used a questionnaire and non-participant observation with a limited trial. The data analysis technique carried out by the researcher used qualitative data and quantitative data. The result of this research is to get a percentage of 96.4% from material experts and 95% from media experts. The percentage results from student responses are 93% and from teacher responses are 92%. Analysis of the calculation results from the observation sheet on the subject of a limited trial, namely t count of -10,585 with a significant value (2-tailed) of 0.000 which is smaller than 0.05, it can be concluded that the smart train media is feasible, practical and effective to recognize the concept symbols for children aged 4-5 years.