Miskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Grafik Fungsi Kuadrat
Students Misconception in Graphs of Quadratic Function
Miskonsepsi pada siswa dapat terjadi apabila siswa tidak memahami secara baik dan benar mengenai konsep matematika beserta keterkaitan antar konsep. Pengetahuan awal siswa yang tidak dipertimbangkan dan dipersiapkan dengan baik menyebabkan miskonsepsi semakin kompleks, khususnya pada materi grafik fungsi kuadrat. Dalam mengukur sebuah miskonsepsi dapat digunakan metode CRI (Certainty of Response Index), yakni tingkat kepastian atau keyakinan yang dapat diukur melalui soal-soal yang diberikan kepada responden. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami siswa kelas IX di salah satu SMPN di daerah taman dalam menyelesaikan soal grafik fungsi kuadrat dan mengetahui faktor penyebab miskonsepsi yang dialami siswa kelas IX dalam menyelesaikan soal grafik fungsi kuadrat menggunakan tes CRI dan wawancara terhadap subjek miskonsepsi. Pendekatan penelitian digunakan dengan metode kualitatif. Populasi penelitian yaitu siswa kelas IX-F SMPN 3 Taman berjumlah 30 siswa dengan diberikan tes CRI tentang materi grafik fungsi kuadrat. Dari hasil tes CRI, ditemukan 3 siswa yang mengalami miskonsepsi pada materi grafik fungsi kuadrat. Hasil penelitiannya adalah miskonsepsi dalam menentukan konsep prasyarat atau konsep awal persamaan fungsi kuadrat, miskonsepsi terjadi pada penulisan symbol dan atribut yang digunakan dalam rumus persamaan fungsi kuadrat, dan miskonsepsi dalam menerapkan rumus persamaan fungsi kuadrat. Sedangkan faktor penyebab miskonsepsi adalah ketidaksiapan siswa sebelum pembelajaran berlangsung yang berkaitan dengan konsep awal bentuk persamaan fungsi kuadrat. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi wawasan evaluasi bagi pengajar matematika untuk memperhatikan kembali dengan baik kondisi pemahaman siswa, khususnya dalam pemahaman materi grafik fungsi kuadrat agar tidak terjadi miskonsepsi.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Grafik Fungsi Kuadrat, CRI
Misconceptions in students can occur if students do not understand properly and correctly about mathematical concepts and the interrelationships between concepts. Students' prior knowledge that is not considered and prepared properly causes misconceptions to be more complex, especially in the material on graphs of quadratic functions. In measuring misconception, the CRI (Certainty of Response Index) method can be used, which is a measure of the level of confidence or certainty of the respondent in answering each question or question given. The purpose of this study was to find out the misconceptions experienced by class IX students at one of the junior high schools in Taman in solving quadratic function graphs and to find out the factors causing misconceptions experienced by class IX students in solving graphs of quadratic equation function using CRI tests and interviews with the subject of misconceptions. The research approach used is qualitative. The population in this study were students of class IX-F SMPN 3 Taman totaling 30 students were given a CRI test on the graph of quadratic function. From the results of the CRI test, it was found that 3 students had misconceptions about the graph of the quadratic equation function. The results of the research are misconceptions in determining the prerequisite concept or the initial concept of quadratic function equations; misconceptions occur in the writing of the symbol and the attributes used in the quadratic function equation formula; and misconceptions in applying the quadratic function equation formula. While the cause misconception factor is the unpreparedness of students before learning takes place, related to the initial concept of the form of a quadratic function equation. This research is expected to be an evaluation insight for mathematics teachers to pay close attention to the condition of students’understanding, especially in understanding graph of quadratic function material so that there are no misconceptions.
Keywords: Misconception, graphs of quadratic functions, CRI