Pengaruh Project Based Learning Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Dan Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun
The Influence of Project Based Learning on Attitudes of Environmental Care and Responsibility in Children Aged 5-6 Years
Saat ini, Indonesia menghadapi ancaman terhadap kelestarian lingkungan hidup yang semakin meningkat. Tantangan-tantangan lingkungan yang harus dihadapi semakin besar, seperti pencemaran dan kerusakan lingkungan. Tantangan-tantangan tersebut merupakan akibat kurang bertanggungjawab dan tidak peduli lingkungan. Sikap peduli lingkungan dan tanggung jawab merupakan hasil dari proses pendidikan. PjBL merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menanamkan sikap peduli lingkungan dan tanggung jawab pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis pengaruh Project Based Learning terhadap sikap peduli lingkungan dan tanggung jawab pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design. Desain quasi eksperimen yang digunakan adalah Nonrandomized Control Group Design. Terdapat dua kelompok pada penelitian kuasi eksperimen, kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran kelompok. Kelompok eksperimen yang diberikan suatu perlakuan menggunakan model PjBL. Hasil penelitian menunjukkan Eksperimen Kontrol dan P < 0,001 untuk kedua variabel terikat sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh PjBL terhadap sikap peduli lingkungan dan tanggung jawab pada anak usia 5-6 tahun.
Currently, Indonesia is facing increasing threats to environmental sustainability. The environmental challenges that must be faced are increasing, such as pollution and environmental damage. These challenges are the result of lack of responsibility and not caring about the environment. An attitude of environmental care and responsibility is the result of the education process. PjBL is a learning model that can be used to instill an attitude of environmental care and responsibility in young children. This research aims to analyze the influence of Project Based Learning on environmental care and responsibility attitudes in children aged 5-6 years. This research method uses experimental quantitative research with a Quasi Experimental Design. The quasi-experimental design used is Nonrandomized Control Group Design. There are two groups in quasi-experimental research, a control group and an experimental group. The control group used a group learning model. The experimental group was given a treatment using the PjBL model. The research results show that μ Experiment ≠ μ Control and P < 0.001 for both dependent variables so it can be concluded that there is an influence of PjBL on environmental care and responsibility attitudes in children aged 5-6 years.