MEDIA INTERAKTIF AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAGI SISWA TUNAGRAHITA
INTERACTIVE MEDIA AUDIO VISUAL TO HELP READING PROCESS FOR MILDLY MENTALLY RETARDED STUDENT
Anak tunagrahita memiliki hambatan intelektual yang mengakibatkan anak kesulitan dalam membaca. Kebutuhan media salah satunya audio visual mampu membantu anak tunagrahita belajar membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji media interaktif audio visual dalam pembelajaran membaca siswa tunagrahita ringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review dengan sumber data 15 artikel dari jurnal terakreditasi SINTA, diakses melalui google scholar, science direct, Academia.Edu. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil kajian literature review menunjukkan bahwa media interaktif audio visual dikemas dalam video pembelajaran yang disajikan melalui presentasi gambar, teks dan suara penuntun terjadi timbal balik yang isinya meliputi pengenalan abjad, kosa kata dan kalimat sederhana.Smpulan kajian tersebut menunjukkan pembelajaran membaca untuk siswa tuna grahita ringan dengan menggunakan media interaktif audio vusal berbentuk vidio dapat membantu membelajarkan membaca bagi tuna grahita ringan
Mentally retarded children have intellectual disabilities that cause children to have difficulty reading. Media needs, one of which is audio-visual, can help mentally retarded children learn to read. This study aims to examine interactive audio-visual media in learning to read for mild mentally retarded students. The method used in this study is a literature review with data sources from 15 articles from SINTA accredited journals, accessed through Google Scholar, Science Direct, Academia.Edu. The data analysis technique used descriptive qualitative by doing data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the literature review study show that interactive audio-visual media are packaged in learning videos that are presented through image presentations, texts and guided voices that occur reciprocally which includes introduction of the alphabet, vocabulary and simple sentences. The conclusion of the study shows reading learning for mild mentally retarded students By using interactive audio visual media in the form of videos, it can help teach reading for mild mentally retarded people.