Pembelajaran daring merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Pembelajaran daring memanfaatkan internet untuk memudahkan penyampaian materi oleh guru dan memberikan ruang lebih untuk siswa dalam belajar. Penggunaan sumber belajar yang relatif mudah untuk diakses dan terdapat berbagai media pembelajaran yang menarik dan inovatif merupakan kelebihan dari pembelajaran daring. Dalam pembelajaran daring, sumber belajar dan media pembelajaran dapat diintegrasikan dalam satu tempat yang dikenal dengan Learning Management System (LMS). Terdapat berbagai macam LMS yang tersedia, salah satu contoh LMS tersebut adalah Google Classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika materi barisan dan deret ditinjau dari hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di kelas XI B SMA Plus Ar Rahmat Bojonegoro yang terdiri dari 25 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas LMS, angket pengelolaan pembelajaran, angket respon siswa, RPP, LKPD, dan ujian yang berupa tes untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terkait materi yang diajarkan. LMS yang digunakan dalam penelitian ini adalah Google Classroom dengan alamat situs https://classroom.google.com/c/NTUwNTkyNTU5NDEy?cjc=ywcuuqp. LMS divalidasi oleh ahli media dan mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase 87,5%. Hasil pada penelitian ini menunjukkan kemampuan pengelolaan pembelajaran masuk pada kriteria sangat baik dengan persentase 89,5%. Respon siswa terhadap pembelajaran daring masuk pada kriteria baik dengan persentase 73,94%. Pada hasil belajar siswa ketuntasan kelompok dinyatakan tercapai karena persentase ketuntasan belajar mencapai 84% dengan 21 siswa dari 25 siswa subjek dinyatakan tuntas.
Kata Kunci : pembelajaran daring, Learning Management System, barisan dan deret, hasil belajar siswa
Online learning is a form of using technology in learning. Online learning utilizes the internet to facilitate the delivery of material by teachers and to provide more space for students to study. The use of learning resources that are relatively easy to access and there are various interesting and innovative learning media are the advantages of online learning. In online learning, learning resources and learning media can be integrated in one place known as the Learning Management System (LMS). There are various kinds of LMS available, one example of the LMS is Google Classroom. This research aims to describe the application of online learning in mathematics subject matter of sequences and series in terms of student learning outcomes. This research is a descriptive study with a quantitative approach which was carried out in class XI B SMA Plus Ar Rahmat Bojonegoro consisting of 25 students. The research instruments used consisted of LMS, learning management questionnaires, student response questionnaires, lesson plans, worksheets, and exams in the form of tests to measure the level of students understanding of the material being taught. The LMS used in this research is Google Classroom with the website https://classroom.google.com/c/NTUwNTkyNTU5NDEy?cjc=ywcuuqp. LMS was validated by media experts and got very good criteria with a percentage of 87.5% The results in this study indicate that the ability to manage learning is included in the very good criteria with a percentage of 89.5%. Student responses to online learning fall into good criteria with a percentage of 73.94%. In the group completeness student learning outcomes were declared achieved because the percentage of learning completeness reached 84% with 21 students out of 25 subject students declared complete.
Keywords : online learning, learning management system, sequences and series, student learning outcomes