Hubungan Korelasi Antara Strategi Membaca Kognitif Siswa dan Pemahaman Membaca Mereka
The Correlation Between Students' Cognitive Reading Strategies and Their Reading Comprehension
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan hubungan korelasi antara strategi kognitif membaca siswa dan pemahaman membaca siswa. Selain itu tujuan dari penelitian ini juga untuk menemukan strategi kognitif membaca apakah yang siswa gunakan dalam membaca. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan SORS dan test pemahaman membaca. Semua sampel diminta untuk mengisi kuisioner dan mengerjakan test pemahaman membaca. Data penelitian ini didapatkan melalui kuisioner online dan untuk tes pemahaman membaca dilakukan secara offline di sekolah. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 64 siswa pada salah satu sekolah menengah pertama di Sumenep. Selain itu, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kognitif membaca yang digunakan siswa adalah mengatur kecepatan membaca saat teks bacaan sulit, membaca teks berulang kali untuk meningkatkan pemahaman membaca, mencoba untuk tetap fokus pada teks bacaan, dan siswa menterjemahkan teks bacaan kedalam Bahasa asli mereka saat membaca teks bacaan. Dan juga ditemukan korekasi positif (p-value= 0.003, r= .371) antara dua variabel dari penilitian ini, dimana ditemukan coeeficient correlationnyatermasuk dalam golongan moderat.
The purpose of this research was to find out the correlation students’ cognitive reading strategy and students’ reading comprehension. Another aim of this study was to find the cognitive reading strategies do the students use. The research employs a quantitative method using SORS and Reading Test Comprehension. All the samples were asked to fill the questionnaire and were taken reading test comprehension. The data gained through online questionnaire and for the reading test was done in offline at school. The sample of the study was 64 students in one of the secondary schools at Sumenep. Moreover, the result of this research revealed that the cognitive strategies that the students use weremanaging their reading speed when the text becomes difficult, reading the text several times to increase their comprehension to the text, back to track when they lose concentration, and the students translating the text into their native language while reading. It was found a positive correlation (p-value= 0.003, r= .371) between two variables of this research, in which the correlation coefficient was categorized as moderate.