IDENTIFIKASI FAKTOR PEMILIHAN PENYEDIA JASA FOTO KATALOG PRODUK (STUDI PADA PENGUSAHA ONLINE SHOP)
IDENTIFICATION OF SELECTION FACTORS OF PRODUCT CATALOG PHOTO SERVICES PROVIDERS (STUDY ON ONLINE SHOP ENTERPRISES)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pertimbangan pemilik toko online dalam memilih jasa foto katalog produk. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah 54 pemilik toko online yang menggunakan jasa foto katalog produk. Variabel penelitian ini adalah atribut produk yang terdiri dari merek, kualitas, fitur, desain, harga, dan jaminan. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 54 sampel pengguna jasa katalog produk. Dalam hal ini pengisian bobot kuesioner dilakukan dengan skala pengukuran diferensial semantik oleh Osgood. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor, uji kelayakan faktor, dan analisis korelasi. Ada enam faktor yang perlu diperhatikan para pelaku bisnis online yang menggunakan jasa foto katalog produk. Faktor kualitas produk meliputi resolusi foto yang tinggi, kecerahan foto yang sesuai, foto yang dihasilkan berfokus pada produk, dan kecocokan warna. Faktor Fitur mencakup katalog foto yang memiliki ciri khas, tingkat terang-gelap yang khas, dan tema khas. Faktor Desain meliputi kejernihan foto, pengeditan foto, dan foto yang siap di unggah. Faktor Harga meliputi harga menurut kualitas, harga terjangkau, harga diskon, dan variasi harga. Faktor Garansi meliputi barang garansi produk, garansi uang kembali, dan garansi ulang foto. Faktor promosi yang informatif, promosi yang menarik, promosi yang mudah di ingat, kesiapan pelayanan, pemecahan masalah, pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan dan tanggap terhadap keluhan.
Abstract
This study aims to identify the factors considered by online shop owners in choosing photo catalog services. This research is quantitative type. Data sources used in this study are primary data conducted by distributing questionnaires to research respondents. The sample of this research is 54 online shop owners who use product catalog photo services. The variables of this research are product attributes consisting of brand, quality, features, design, price, and guarantee. The research data collection technique was carried out by distributing questionnaires to 54 samples of product catalog service users. In this case the weighting questionnaire was filled in, done with a semantic differential measurement scale by Osgood. Data analysis techniques used in this study were factor analysis, factor feasibility test, and correlation analysis. are six factors to consider online business people using product catalog photo services. Product quality factors include high photo resolution, proper photo brightness, the resulting photo focuses on the product, and color match. The Feature Factor includes catalog photos that have distinctive features, distinctive light-dark levels, and distinctive themes. Design factors include photo clarity, photo editing, and ready-to-upload photos. d. Factors include price according to quality, affordable prices, discounted prices, and price variations. The warranty factor includes product warranty items, money back guarantee, and photo re-guarantee. Promotional factors that are informative, attractive promotions, promotions that are easy to remember, service readiness, problem solving, services that are as promised and responsive to complaints