UPAYA GURU PPKn DALAM MENCIPTAKAN STUDENT WELLBEING DI SMA NEGERI 1 KRIAN
PPKn TEACHERS' EFFORTS IN CREATING STUDENT WELLBEING IN SMA NEGERI 1 KRIAN
Fokus penelitian ini adalah menelaah upaya yang dilakukan guru PPKn dalam menciptakan student wellbeing di SMA Negeri 1 Krian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar konstruktivistik yang dikemukakan oleh Vygotsky. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tiga cara, yaitu: wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik yang memenuhi syarat. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa upaya guru PPKn dalam menciptakan student wellbeing adalah (1) Merumuskan pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik, (2) Mengendalikan kondisi dan suasana di kelas, (3) Membangun kedekatan serta hubungan positif dengan peserta didik dan, (4) Memberikan motivasi dan apresiasi pada peserta didik. Penelitian ini juga menggambarkan mengenai student wellbeing menurut peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Krian. Menurut peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Krian student wellbeing ini menjadi sangat penting karena bagi meraka student wellbeing akan membuat nyaman selama pembelajaran yang pembelajaran memengaruhi hasil belajarnya.
Kata Kunci: Upaya, Student Wellbeing, Konstruktivistik
The focus of this research is to examine the efforts made by Civics teachers in creating student wellbeing at SMA Negeri 1 Krian. The theory used in this study is the constructivist learning theory proposed by Vygotsky. The type of research used in this study is a qualitative approach, while the research design used is descriptive qualitative. Data collection techniques were carried out in three ways, namely: in-depth interviews, observation, and documentation. Informants in this study were teachers and students who met the requirements. The results of this study explain that the efforts of PPKn teachers in creating student wellbeing are (1) Formulating learning according to the needs of students, (2) Controlling conditions and atmosphere in the classroom, (3) Building closeness and positive relationships with students and, (4) Providing motivation and appreciation for students. learners. This study also describes student wellbeing according to class X students at SMA Negeri 1 Krian. According to the students of class X at SMA Negeri 1 Krian, student wellbeing is very important because for them student wellbeing will make them comfortable during learning where learning affects their learning outcomes.
Keywords: Effort, Student Wellbeing, Constructivist