Berdasarkan permasalahan yang terjadi di SMK Negeri 12 Surabaya yang
merupakan hasil dari observasi awal oleh peneliti yaitu kurangnya pemahaman
siswa jurusan Kriya Kreatif Batik Dan Tekstil mengenai
materi konsep karya seni batik Jawa Timur. Hal
tersebut dibuktikan melalui data nilai pengetahuan siswa tahun sebelumnya
dengan rata-rata kurang dari 75, yaitu dibawah
standar yang dite t apkan oleh SMK Negeri 12 Surabaya. Dikarenakan belum tersedianya media
pembelajaran di SMK Negeri 12 Surabaya serta karakteristik materi konsep karya
seni batik Jawa Timur yang bersifat konseptual menyebabkan
hasil belajar siswa rendah .
Tujuan dari pengembangan media Computer Assisted Instruction adalah Mengetahui
tingkat kelayakan dan
tingkat ke e fektifan
media CAI untuk materi konsep karya seni batik Jawa Timur pada mata pelajaran
Tinjauan Seni dan pada
mata pelajaran Tinjauan Seni. Model
pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan DDD-E oleh Iver dan
Barron dengan subjek uji coba kelas X jurusan kriya kreatif batik dan tekstil
SMK Negeri 12 Surabaya.
Data
dikumpulkan melalui instrumen kelayakan rencana pelaksanaan pembelajaran,
instrumen kelayakan materi, intrumen kelayakan media, instrumen kelayakan bahan
penyerta media, validitas dan reliabilitas butir soal, homogenitas serta
normalitas. Jenis data kualitatif dan kuantitatif, analisis data yang digunakan
untuk memproses hasil uji kelayakan menggunakan skala penilaian Likert, untuk
uji kelayakan rencana pelaksanaan pembelajaran (95%) menunjukkan kategori sangat
layak. Untuk uji kelayakan materi konsep karya seni batik Jawa Timur (80%)
menunjukkan kategori layak. Uji kelayakan media CAI (94%) menunjukkan kategori sangat layak. Uji
kelayakan bahan penyerta media (90%) menunjukkan kategori sangat layak.
Media CAI
dinyatakan efektif berdasarkan hasil
rata-rata uji coba post-test yaitu 86, 5 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil
rata-rata pre-test yaitu 67,1. Melalui perhitungan diketahui t hitung sebesar
10,51976. Berdasarkan pengujian mengunakan taraf signifikan 5% db =30-1 = 29
diperoleh t tabel = 2,045. Jadi, t hitung lebih besar dari t tabel yaitu
10,51976 > 2,045. Sehingga terjadi pengaruh yang siknifikan antara
penggunaan media CAI dengan hasil belajar siswa.