Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan anak dalam membaca huruf hijaiyah anak kelompok B di TK Islam Al Karomah Wiyung. Kemampuan membaca huruf hijaiyah dapat ditingkatkan melalui media audio-visual. Audio- visual yang digunakan dalam penelitian ini adalah video tentang mengenal huruf hijaiyah dan membaca huruf hijaiyah bersambung.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh media audio-visual terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak kelompok B di TK Islam Al Karomah Wiyung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kauntitatif dengadesain eksperimen Quasi Exsperimental Design jenis Nonequivalent Control Group Design. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi berperan serta dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian adalah anak kelompok B di TK Al Karomah Islam Wiyung yang berjumlah 40 anak. sebagai kelompok eksperimen 20 dan kelompok kontrol 20 anak. Data yang terkumpul dianalisis dengan Mann With U Test.
Hasil analisis data menggunakan perhitungan Mann With U Test dengan diperoleh nilai Mann-Whithey U test dengan taraf signifisikansi 0,05 dari banyaknya n1=20 dan n2=20 harga Utabel =114. Hasil Uhitung = 116,000 lebih kecil dari Utabel (116,000 < 114), dengan demikian Ha diterima H0 ditolak. Berdasarkan analisis data tersebut dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh media audio-visual terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak kelompok B di TK Al Karomah Islam Wiyung. Pengaruh pada anak yaitu; 1) meningkatkan anak dalam menyebutkan huruf hijaiyah alif-ya’. 2) selain itu anak juga diberi pengetahuan baru yaitu membaca bahasa arab dengan bahasa latinnya jadi anak juga bisa mengetahui bagaimana tulisan bahasa arab dengan bahasa latinnya. 3) anak bisa membaca huruf hijaiyah bersambung, didalam video tersebut anak mengetahui bahwa ada huruf hijaiyah yang tidak dapat disambung. perhitungan menggunakan Mann-Whithey U test Jumlah skor post-test untuk kelompok eskperimen adalah 279 dengan rata-rata 13,95 dan jumlah skor post-test kelompok kontrol adalah 257 dengan rata- rata 12,85. Berdasarkan hasil analisis data dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh media audio-visual terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak kelompok B di TK Al Karomah Islam Wiyung dengan efektivitas media berkategori sedang.
Kata kunci : media audio-visual, kemampuan membaca huruf
hijaiyah
This research is motivated by the lack of the ability of children to read the hijaiyah letters of group B children in Al Karomah Wiyung Islamic Kindergarten. The ability to read hijaiyah letters can be improved through audio-visual media. The audio-visual used in this study is a video about recognizing hijaiyah letters and reading the hijaiyah letters continuously. The purpose of this study was to prove the influence of audio-visual media on the ability to read the letters of the Hijaiyah group of B children in Al Karomah Wiyung Islamic Kindergarten.
This study uses a quantitative approach with experimental design Quasi Exsperimental Design type Nonequivalent Control Group Design. Data was collected using participatory observation techniques and documentation. The samples in the study were group B children in the Wiyung Islamic Al Karomah Kindergarten, which numbered 40 children. as experimental group 20 and control group 20 children. Data collected was analyzed by Mann With U Test.
The results of data analysis using Mann With U Test calculations by obtaining the Mann-Whithey U test with a significance level of 0.05 from the number n1 = 20 and n2 = 20 prices Utabel = 114. Uhitung results = 116,000 smaller than Utabel (116,000 <114) thus H0 refused Ha cannot be refused. Based on the analysis of the data it can be stated that there is an influence of audio-visual media on the ability to read hijaiyah letters of group B children in Al Karomah Islamic Wiyung Kindergarten. Influence on children, namely; 1) increasing children in mentioning the letters hijaiyah alif-ya '. 2) In addition, children are also given new knowledge, namely reading Arabic with the Latin language so that children can also know how to write Arabic with the Latin language. 3) children can read the hijaiyah letters continuously, in the video the child knows that there are hijaiyah letters that cannot be connected. calculations using the Mann-Whithey U test The number of post-test scores for the experimental group was 279 with an average of 13.95 and the number of post-test scores of the control group was 257 with an average of 12.85. Based on the results of data analysis it can be stated that there is an influence of audio-visual media on the ability to read hijaiyah letters of group B children at Al Karomah Islam Wiyung Kindergarten with medium category effectiveness.
Keywords: audio-visual media, ability to read hijaiyah letters