PENGARUH MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA
THE EFFECT OF CREATIVE PRODUCTS AND ENTREPRENEURSHIP LESSONS ON STUDENTS' ENTREPRENEURSHIP INTEREST
Era Revolusi Industri 4.0 telah menggeser banyak pekerjaan sehingga kita harus menemukan solusi untuk mengatasinya. Permasalahan pengangguran dan daya saing sumber daya manusia menjadi tantangan yang harus dihadapi di Indonesia. Kewirausahaan dapat menjadi satu cara untuk mengatasi masalah tersebut karena kewirausahaan dapat menunjang perekonomian suatu negara selain itu juga dapat menyerap tenaga kerja terampil lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui adanya pengaruh mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa, 2) mendeskripsikan jenis usaha yang diminati siswa. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan analisis data menggunakan regresi. Populasi yang digunakan adalah siswa jurusan tata busana kelas XI dan XII SMKN 3 Kediri dengan total 204 siswa. Sampel yang digunakan menggunakan simple random sampling sehingga sampel yang digunakan 135 siswa dari total populasi. Pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan kepada responden. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) ada pengaruh dari mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha siswa. Besarnya pengaruh mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan tersebut sebesar 42,9% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. 2) jenis usaha yang paling banyak diminati siswa ialah berjualan online tentang busana. Diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai faktor-kator lain yang dapat memengaruhi minat berwirausaha siswa yang tidak ada dalam penelitian ini. Siswa dapat merealisasikan minat yang diminatinya menjadi wujud nyata nantinya setelah lulus melalui bekal mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan karena diharapkan setelah lulus siswa tidak hanya bergantung pada lapangan kerja yang ada tapi dapat memanfaatkan peluang untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan.
The era of the Industrial Revolution 4.0 has shifted many jobs so we have to find solutions to overcome them. The problem of unemployment and the competitiveness of human resources is a challenge that must be faced in Indonesia. Entrepreneurship can be a way to overcome this problem because entrepreneurship can support a country's economy while it can also absorb other skilled workers. This study aims to 1) determine the influence of creative products and entrepreneurship subjects on students' interest in entrepreneurship, 2) describe the types of businesses that students are interested in. This type of research uses descriptive quantitative data analysis using regretion. The population used was students majoring in fashion at class XI and XII at SMKN 3 Kediri with a total of 204 students. The sample used is simple random sampling so that the sample used is 135 students from the total population. Data collection uses a questionnaire that is distributed to respondents. The results of this study indicate that 1) there is an influence from Creative Products and Entrepreneurship subjects on students' Interest in Entrepreneurship. The magnitude of the influence of the Creative Products and Entrepreneurship subjects is 42.9% and the rest is influenced by other factors. 2) the type of business that students are most interested in is selling online about clothing. Further research is needed on other factors that can influence students' interest in entrepreneurship that are not in this study. Students can realize the interests they are interested in into concrete manifestations later after graduation through the provision of Creative Products and Entrepreneurship subjects because it is hoped that after graduation students will not only depend on existing jobs but can take advantage of opportunities to create jobs.