Abstrak
Media merupakan salah satu faktor penunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Salah satu penyebab siswa kelas X TKR SMKN 1 Singgahan cenderung pasif dalam proses pembelajaran adalah belum adanya media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Audio Visual berbasis Android, dan mengetahui tingkat kelayakan media. Metode penelitian ini merupakan jenis pengembangan dengan model 4-D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan. Jenis pengembangan ini terdiri atas empat tahap, yaitu; pendefinisian (develop), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Dalam empat tahapan yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan peneliti hanya menggunakan tiga tahap yaitu pendefinisian (develop), perancangan (design), pengembangan (develop). Tahap ke empat tidak digunakan peneliti dikarenakan terbatasnya waktu dan juga biaya. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran audio visual berbasis android berdasarkan uji validasi dari berbagai ahli diantaranya ahli materi, media dan bahasa dengan kriteria penilaian layak. Hasil uji validasi dari ahli materi sebesar 98,3% ahli media sebesar 89,2% dan ahli bahasa sebesar 90%. Hasil nilai tersebut menurut Skala Likert, menunjukkan kriteria media yang dihasilkan adalah sangat layak dan dapat digunakan media belajar kelistrikan sederhana.. Berdasarkan perolehan data tersebut disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis android pada konsep kelistrikan sederhana kelas X TKR layak diguakan.
Kata Kunci : Pengembangan Media, Media Pembelajan berbasis Android, Kelayakan Media
Abstract
The media is one factor supporting the achievement of learning goals. One cause of class X SMK TKR 1 Singgahan tend to be passive in the learning process is the absence of an interesting learning media. This study aims to develop learning media Audio Visual based on Android, and determine the feasibility of the media. This research method is a kind of development with 4-D models developed by S. Thiagarajan. This type of development consists of four stages, namely; definition (develop), design (design), development (develop) and spread (disseminate). In four stages, which was developed by S. Thiagarajan researchers only use three phases, namely the definition (develop), design (design), development (develop). Phase four is not used because of the limited research time and costs. Determining the feasibility of audio-visual media-based learning android based validation test of various experts such as subject matter experts, media and language with adequate assessment criteria. The results of the validation test of subject matter experts of 98.3% amounting to 89.2% of media experts and linguists by 90%. The results of these values according to Likert Scale, showed the criteria resulting media is very feasible and can be used simple electricity learning media . Based on these date acquisition concluded that the audio-visual learning media android based on the concept of a simple electrical diguakan class X TKR feasible.
Keywords : Media Development, Android Learning Media Development, Feasibility Media