Analisis Semiotika Iklan Aplikasi Flip.id Versi Hemat Jadi Gampang dengan Perspektif Charles Sanders Peirce
Semiotic Analysis Of The Flip.id Application Ads Saving Is Easy Version With Charles Sanders Peirce's Perspective
Perkembangan teknologi menjadi salah satu faktor dalam perkembangan komunikasi dimulai dari zaman era tulisan hingga kini telah sampai pada era komunikasi interaktif. Dalam sebuah proses komunikasi terdapat tanda-tanda yang bisa dimaknai dengan menggunakan semiotika. Seseorang bisa menyusun tanda-tanda tersebut menjadi suatu rangkaian yang menarik untuk mencapai suatu tujuan, salah satu rangkaian tersebut adalah iklan. Selain untuk memasarkan barang dan jasa dari sebuah perusahaan, iklan juga dibuat untuk menyampaikan suatu pesan kepada para calon konsumen. Flip melalui iklannya yang bertema Hemat Jadi Gampang mengisahkan tentang seorang perempuan dengan berbagai aktivitas dan tanggung jawabnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna apa yang terkandung dalam video iklan aplikasi Flip versi Hemat Jadi Gampang. Pengumpulan data diperolah melalui proses dokumentasi dan juga studi literatur. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan semiotika Charles Sanders Peirce. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari sign, object, dan interpretant yang ditemukan terdapat makna yang menunjukkan bahwa dalam suatu rumah tangga, perempuan lebih dominan dalam hal pengelolaan keuangan keluarga. Hal tersebut dikarenakan tingkat literasi dan inklusi keuangan perempuan lebih tinggi dari pada laki-laki.
Kata kunci: Semiotika Charles Sanders Peirce, Iklan, Keuangan, Dominasi Perempuan
Technological development be one factor in the development of communication starting from the era of writing until now has arrived in the era of interactive communication. In a communication process there are signs that can be interpreted using semiotics. Someone can arrange these signs into an interesting series to achieve a goal, one of these series is advertising. In addition to marketing goods and service from a company, advertisements are also created to convey messages to potential consumers. Flip through the ads themed Saving so Easy tells the story of a woman with her various activities and responsibilities. This study aims to determine what is the meaning contained in the video advertising the Saving so Easy version of the Flip application. Data collection was obtained through a documentation process and also literature study. The collected data was analyzed using Charles Sanders Peirce’s semiotics. The results of this research show that from signs, symbols, and interpretants that was found there is meaning which shows that in a household, women are more dominant in managing family finances. This is because the level of financial literacy and inclusion of women is higher than men.
Keywords: Charles Sanders Peirce’s Semiotics, Advertisement, Finance, Female Domination