Latar belakang Penelitian pengembangan berawal dari minimnya pengetahuan siswa tentang batik daerah dan kurangnya keterampilan siswa dalam berkarya seni batik daerah, khususnya Gresik. Tujuan Penelitian pengembangan untuk mendeskripsikan proses pengembangan buku suplemen desain motif batik berbasis folkor Gresik untuk pembelajaran seni budaya di SMA/MA kabupaten Gresik dan mendeskripsikan kualitas pengembangan buku suplemen desain motif batik berbasis folklor Gresik.
Metode penelitian pengembangan ini menggunakan 4D yang dimulai dari tahap Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran. Tahap pendefinisian meliputi analisis awal akhir, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis tujuan pembelajaran. Tahap perancangan meliputi desain awal buku suplemen yang disusun sesuai kerangka bahan ajar dan draf I buku suplemen. Tahap pengembangan meliputi revisi dan validasi menghasilkan draf II, kemudian draf II divalidasi kembali oleh para validator sehingga menjadi produk final yang layak digunakan dan selanjutnya melakukan uji coba luas untuk mengetahui keefektivitasan produk buku suplemen. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan skala Likert yang digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, peresepsi seseorang atau kelompok dalam bentuk angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) proses pengembangan buku suplemen dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan; (2) kualitas buku suplemen ditinjau dari produknya memperoleh prosentase berdasarkan kelayakan isi, kegrafikan, kebahasaan, dan penyajian secara berurutan yaitu 84,6% (sangat layak), 97,6% (sangat layak), 80% (layak), 89% (sangat layak); (3) kualitas buku suplemen ditinjau dari penggunanya memperoleh prosentase 90% untuk hasil observasi terhadap aktivitas siswa, 92% dan 91,14% untuk respon guru dan siswa terhadap buku suplemen yang dikembangkan, dan secara rata-rata hasil belajar siswa memperoleh prosentase sebesar 85,7%. Pada nilai praktek siswa juga dapat membuat motif dan mengembangkan motif dengan baik. Berdasarkan hasil tersebut penelitian pengembangan buku desain motif batik berbasis folklor Gresik layak digunakan sebagai buku suplemen dalam membantu guru dan siswa dalam pembelajaran seni budaya.
The background of this development research originated from the lack of student’s knowledge about batik and skills in creating regional batik art, especially Gresik. The purpose of this development research is to describe the process of the development of batik motif design supplementary book based on Gresik folklore for the study of cultural arts in SMA/MA Gresik, and describe the quality of supplement book development batik motif design based on Gresik folklore.
This development research method uses 4D which starts from the Definition, Design, Development, and Dissemination stages. The defining stage includes the initial preliminary analysis, student analysis, task analysis, conceptual analysis, and objective learning analysis. The design phase includes the initial design of the supplement books that are arranged according to the framework of teaching materials and being the first draft of the supplement book. At the development stage includes revision and validation to produce draft II, then draft II is revalidated by the validators so that it becomes a final product that is feasible to use and then conducts extensive trials to determine the effectiveness of supplement book products. Data collection techniques such as documentation, observation, questionnaires, and interviews. The data analysis technique uses a Likert scale that used to measure the attitudes, opinions, perceptions of a person or group in the form of a questionnaire.
The result showed that: (1) the process of developing a supplementary book is carried out with three stages of definition, design, and development; (2) the quality of the supplement book in terms of the products gets a percentage based on the appropriateness of content, graphics, linguistics, and presentation in sequence namely 84,6% (very feasible), 97,6% (very feasible), 80% (feasible), 89% (very feasible); (3) the quality of supplement book in terms of the user obtains a percentage of 90% for observations of student activities, 92% and 91,14% for teacher and students responses to supplement books developed, and on average student learning outcomes obtain a percentage of 85,7%. On the practical side, students can also make motif and develop motif well. Based on these results, the research of the development of batik motif design supplement book based on Gresik folklore is appropriate to be used as a supplementary book to help teachers and students in learning cultural art.