Penelitian ini bertujuan memperoleh perangkat pembelajaran berorientasi problem solving yang layak digunakan untuk melatihkan keterampilan metakognitif siswa pada materi titrasi asam basa. Perangkat pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan desain penelitian pengembangan Dick dan Carey. Uji coba perangkat pembelajaran menggunakan one group pretest-posttest design. Kelayakan perangkat pembelajaran dinilai berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifan. Subjek penelitian adalah 50 siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 4 Surabaya tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket, dan tes. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, observasi, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan kategori valid – sangat valid (2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan praktis, dengan hasil observasi keterlaksanaan RPP yang mendapatkan kategori baik – sangat baik pada kelas replikasi I dan II, serta siswa memberikan respon positif siswa setelah pembelajaran pada kelas replikasi I dan II (3) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan efektif, dengan nilai keterampilan metakognitif dan ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan setelah pembelajaran pada kelas replikasi I dan II. Berdasarkan hasil tersebut, perangkat pembelajaran berorientasi problem solving yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan metakognitif siswa pada materi titrasi asam basa.
This research aim to obtain valid teaching instruments oriented problem solving to train students metacognitive skills on acid base titration matter. Teaching instruments were developed using research and development design of Dick and Carey. Trial of teaching instruments using one group pretest-posttest design. The feasibility of teaching instruments is assessed based on validity, practicability, and effectiveness. Subject of this research was 50 students on XI science class Muhammadiyah 4 high school Surabaya in academic year 2018/2019. The research instrument used were observation, questionnaire and test sheets. Data collection method used questionnaire, observation, and test technique. The data obtained were analyzed descriptive qualitatively and quantitatively. Results of this research (1) The teaching instruments developed has a valid – very valid category (2) The teaching instruments developed are practical, with the results of observation lesson plan implementation have good – very good category for replication I and II class, and the student gave positive responses after the lessons for replication I and II class (3) The teaching instruments developed are effective, with the students metacognitive skills value and achieved mastery value increased after the lessons in replication I and II class. Based on the results, teaching instruments oriented problem solving was develop valid, practical, and effective to train students metacognitive skills on acid base titration matter.