PROFILE OF DIVERGENT THINKING OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING FROM GLOBAL-ANALYTIC LEARNING STYLE
Berpikir divergen adalah kemampuan berpikir terbuka dalam menemukan berbagai macam ide/solusi atas suatu masalah sehingga menghasilkan jawaban yang benar dan penyelesaian yang logis. Pemecahan masalah yang sesuai dengan prinsip berpikir divergen yaitu pemecahan masalah open-ended. Dalam menyelesaikan masalah open-ended dipengaruhi beberapa faktor salah satunya yaitu perbedaan gaya belajar. Gaya belajar yang digunakan yaitu gaya belajar global dan analitik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir divergen siswa dalam pemecahan masalah matematika open-ended ditinjau dari gaya belajar global-analitik. Pengumpulan data penelitian menggunakan Angket Gaya Belajar (AGB), Tugas Pemecahan Masalah Open-ended (TPMO) dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian yakni satu siswa dengan gaya belajar global dan satu siswa dengan gaya belajar analitik. Dari hasil analisis dan pembahasan siswa bergaya belajar global pada aspek fluency dapat memberikan dua jawaban berbeda dan relevan dengan masalah. Pada aspek flexibility siswa membuat dua cara/metode penyelesaian yang relevan dengan masalah yang tidak jauh berbeda cara penyelesaiannya. Pada aspek originalitiy siswa memberikan cara/metode penyelesaian yang berbeda namun tidak relevan dengan masalah. Pada aspek elaboration siswa kurang memperhatikan hal-hal detail seperti satuan panjang dan cara memperoleh jawaban. Siswa bergaya belajar analitik pada aspek fluency siswa memberikan dua jawaban berbeda yang tertulis dan satu jawaban secara lisan saat wawancara yang relevan dengan masalah. Pada aspek flexibility siswa memberikan dua cara/metode penyelesaian yang relevan dengan masalah. Pada aspek originality siswa memberikan cara/metode penyelesaian yang berbeda dan unik yang relevan dengan masalah. Pada aspek elaboration siswa menuliskan jawaban dengan detail dalam penyelesaian masalah.
Kata Kunci: Berpikir Divergen, Pemecahan Masalah Open-Ended, Gaya Belajar Global, Gaya Belajar Analitik
Divergent thinking is the ability to think openly in finding various kinds of ideas/solutions to a problem so as to produce correct answers and logical solutions. Problem solving in accordance with the principle of divergent thinking, namely open-ended problem solving. In solving open-ended problems, several factors are influenced, one of which is differences in learning styles. The learning styles used are global and analytic learning styles. This type of research is a qualitative descriptive study that aims to describe the profile of students' divergent thinking in solving open-ended mathematics problems in terms of global-analytic learning style. Collecting research data using the Learning Style Questionnaire (AGB), Open-ended Problem Solving Tasks (TPMO) and interview guidelines. The subjects in the study were one student with a global learning style and one student with an analytic learning style. From the results of the analysis and discussion of students with global learning styles on the fluency aspect, they can provide two different and relevant answers to the problem. In the aspect of flexibility, students make two ways/methods of solving that are relevant to problems that are not much different in how to solve them. In the originality aspect, students provide different ways/methods of solving but not relevant to the problem. In the elaboration aspect, students pay less attention to details such as units of length and how to get answers. Students with analytical learning style on the fluency aspect gave two different written answers and one verbal answer during an interview that was relevant to the problem. In the aspect of flexibility, students provide two ways / methods of solving that are relevant to the problem. In the aspect of originality, students provide different and unique ways/methods of solving that are relevant to the problem. In the elaboration aspect, students write answers in detail in solving problems.
Keywords: Divergent Thinking, Open-Ended Problem Solving, Global Learning Styles, Analytical Learning Styles