Muksin. 2019 Pengaruh
Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair
Checks Berbasis Tugas Pengajuan
Soal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP
Materi Teorema Pythagoras .Tesis Program Studi Pendidikan Matematika,
Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : (I) Dr.Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd dan
(II) Rooselyna Ekawati, S.Si., M.Sc.,
Ph.D
Kata
kata kunci : Kooperatif. Pair Checks. Pengajuan Soal, Pemecahan Masalah, Teorema Pythagoras
Penelitian
ini bertujuan memberikan gambaran pengaruh pembelajaran kooperatif tipe pair checks berbasis tugas pengajuan
soal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Di
SMP Nurul Hidayah. 2 kelas yang dijadikan objek penelitian yaitu kelas VIII A
sebagai kelas kontrol VIII B sebagai
kelas eksperimen.
Dengan menggunakan teknik analisis statistik
diperoleh hasil pretest kemampuan
pemecahan masalah siswa kelas VIII A SMP dan VIII B SMP setara. Hasil post test
yang diberikan menunjukkan ada perbedaan antara kelas yang menerapkan pembelajaran koopratif tipe pair ckecks (kelas VIII A SMP ) dan
kelas yang tidak menerapkan pembelajaran koopratif tipe pair ckecks (kelas VIII A SMP). Dari analisis antara pre test dan
post test dapat terlihat adanya pengaruh pembelajaran koopratif tipe pair ckecks yang dilakukan.
Hasil peneletian menunjukkan adanya pengaruh yang
signifikan pembelajaran kooperatif tipe Pair
Checks berbasis tugas pengajuan
masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kesimpulan ini
didasarkan atas hasil analisis uji hipotesis melalui rumus Uji- t yang
diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 yang berarti Ho ditolak sehingga ada
pengaruh pembelajaran kooperatif tipe pair checks. Selain itu juga didukung
dengan deskripsi data nilai rata-rata pemecahan masalah posttest dan pretest di
kelas eksperimen dan kontrol memiliki perbedaan dan peningkatan yang
ditunjukkan dengan nilai N-gain yakni pada kelas eksperimen sebesar 0,62,
sedangkan di kelas kontrol sebesar 0,43. Respon siswa kelas VIII SMP Nurul
Hidayah Sokobenah Sampang terhadap pembelajaran matematika dengan pembelajaran
kooperatif tipe pair cheks berbasis tugas pengajuan
masalah pada materi Teorema
Pythagoras ialah
positif artinya merasakan puas dan senang saat belajar. Kesimpulan ini
didasarkan atas hasil analisis data angket respons siswa pada kelas eksperimen
menunjukkan sebanyak 17 siswa atau 68% memberikan respons yang positif yakni
menjawab “Ya” dan 8 siswa atau 32% memberikan respons negatif yakni menjawab
“Tidak”. Hal ini dapat diartikan bahwa secara rata-rata lebih banyak siswa
memberikan respons positif dibandingkan yang memberikan respons negatif
terhadap pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe pair cheks berbasis
tugas pengajuan masalah. Hasil penelitian ini dapat diterapkan untuk
pembelajaran materi lain, lainnya seperti geometri, SPLDV, atau program linier