MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BINA DIRI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN
AUDIO VISUAL MEDIA IN LEARNING OF SELF-DEVELOPMENT CHILDREN WITH MILD MENTAL RETARDATION
Pembelajaran keterampilan bina diri dibutuhkan bagi tunagrahita. Hambatan intelektual di bawah rata-rata yang dimiliki tunagrahita mengakibatkan permasalahan pada aspek kemandirian anak, sehingga perlu diterapkan pembelajaran bina diri dengan menggunakan media audio vusial sesuai dengan kondisi anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media audio visual dalam pembelajaran bina diri tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mereview dan menganalisis artikel yang mengkaji topik berkaitan serta mengadakan studi penelaahan buku. Adapun hasil analisis menunjukkan media audio visual yang dikemas dalam video animasi bina diri dapat membelajarkan tunagrahita ringan. Kesimpulan dari analisis tersebut menunjukkan bahwa media audio visual dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran bina diri tunagrahita ringan.
Kata Kunci : Audio Visual, Bina Diri, Tunagrahita.
Learning self-development skills is needed for mentally retarded children. Intellectual barriers below the average of mentally retarded cause problems in the aspects of children's independence, so it is necessary to apply self-development learning using audio-visual media according to the child's condition. This study aims to analyze audio-visual media in self-development learning for mild mental retardation. The study uses a qualitative method with a literature study approach. Data collection techniques are carried out by reviewing and analyzing articles that examine related topics and conducting book review studies. The results of the analysis show that audio-visual media packaged in self-development animation videos can teach mild mental retardation. So that the conclusions from the analysis shows that audio-visual media can be used in learning self-development for mild mental retardation.
Keywords : Audio Visual, Self-Development, Mental retardation.