PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Role Playing Problem Posing learning method for increasing emotional intelligent and Mathematic Problem Solving
ABSTRAK
Pratiwi, Diyanti Jati. 2021. Pembelajaran Role Playing Problem Posing Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : (I) Prof.Dr.Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd. dan (II) Neni Mariana, S.Pd.,M.Sc.
Kata-Kata Kunci: Pembelajaran Role palying problem posing, Kecerdasan Emosional, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran role playing problem posing terhadap peningkatan kecerdasan emosional dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas empat sekolah dasar. Aspek kecerdasan emosional dalam penelitian ini meliputi mengenali emposi, mengelola emosi, memotivasi diri, membina hubungan dan mengenali emosi orang lain. Kemampuan pemecahan masalah matematis meliputi memahami masalah, merencakan penyelesaian, menyelesaiakan masalah dan memeriksa kembali.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa jelas IV SDN 3 Ngantru Trenggalek. Teknik pengumpulan data melalui angket kecerdasan emosional dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t. Dalam penelitian ini uji t dilakukan dua kali yaitu untuk mengetahui kondisi awal sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan.
Hasil analisis uji t kecerdasan emosional dan kemampuan pemecahan masalah matematis sebelum diberi perlakuan menunjukkan tidak ada perbedaan (dengan nilai sig. 2 tailed 0,303 > 0,05 untuk kecerdasan emosional dan nilai sig. 2 tailed 0.908 > 0,05 untuk kemampuan pemecahan masalah). Perbedaan yang signifikan ditunjukkan di kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberi perlakuan (nilai sig. 2 tailed untuk kecerdasan emosional 0,02 < 0,05 dan kemampuan pemecahan masalah memiliki nilai sig. 2 tailed 0,01 < 0,05). Pada penelitian ini perlakuan merupakan satu-satunya pembeda antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran role playing problem posing terhadap kecerdasan emosional dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar.
ABSTRAC
Pratiwi, Diyanti Jati. 2021. Role Playing Problem Posing learning method for increasing emotional intelligent and Mathematic Problem Solving. Thesis. Primary Education Program. State University of Surabaya. Postgraduate. Advisor : (I) Prof.Dr.Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd. dan (II) Neni Mariana, S.Pd.,M.Sc.
Keywords : Role playing problem posing learning method, Emotional intelligent, Mathematic problem solving ability
This research aimed to observe the effect of role playing problem posing learning method to emotional intelligent and mathematic problem solving ability. Emotional Intelligent aspects in this research are knowing emotion, managing emotion, self motivating, develop relationship, and knowing other emotion. Mathematic problem solving aspects in this research are understanding problem, planning solution, finishing problem, and checking back.
This research was experimental research with pretest posttest control group design. Primary 4 students in Elementary school 3 Ngantru was the research’s subjects. Data collection techniques through emotional intelligent questionnaire and mathematics problem solving test. T- test was used as analysis technique due to data collection before and after research program.
Based on T test analysis for emotional intelligent and mathematic problem solving ability, the data shown there was no difference before and after research in both control and sxperiment class ( with the value of sig. 2 tailed 0,303 > 0,05 for emotional intelligent and mathematic problem solving ability got sig. 2 tailed score 0,908 > 0,05 ). The differences shown in control and experiment classes after learning method in the research ( with the value of sig. 2 tailed 0,02 <0,05 for emotional intelligent and mathematic problem solving ability got sig. 2 tailed score 0,01< 0,05 ). In this research learning method was the only thing that cause differences, so the researcher concluded that was an effect of role playing problem posing learning method to students’ emotional intelligent and mathematics problem solving ability.