Latar belakang diadakan penelitian ini untuk mengembangkan modul pembelajaran yang sesuai dalam menyampaikan pengajaran kepada mahasiswa, khususnya pada materi diet saluran pencernaan di Akademi Gizi Surabaya. Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang sedang berlangsung.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hasil belajar ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor bagi mahasiswa yang terlibat dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan modul dietetik pada mata kuliah saluran pencernaan, lebih tinggi dibandingkan dengan bahan ajar pada model pembelajaran langsung.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan satu variabel dependen dan satu variabel independen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian adalah pretest-postest control group design dan termasuk penelitian eksperimen.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar ranah kognitif bagi mahasiswa yang terlibat dalam pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan modul dietetik pada mata kuliah saluran pencernaan, lebih tinggi secara signifikan dibanding dengan mahasiswa yang belajar menggunakan buku ajar; (2) hasil belajar ranah afektif bagi mahasiswa yang terlibat dalam pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan modul dietetik pada mata kuliah saluran pencernaan, lebih tinggi secara signifikan dibanding dengan mahasiswa yang belajar menggunakan buku ajar; dan (3) hasil belajar ranah psikomotor bagi mahasiswa yang terlibat dalam pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan modul dietetik pada mata kuliah saluran pencernaan, lebih tinggi secaa signifikan dibanding dengan mahasiswa yang belajar menggunakan buku ajar.