Pengaruh Kegiatan Market Day Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun
The Influence Of Market Day Activities On Social Emotional Development Of Children 5-6 Years Old
Anak usia dini merupakan anak dimana berada dalam usia diantara 0-6 tahun yang mana usia tersebut mereka melalui proses tumbuh kembang yang unik, karena pada periode itulah merupakan usiayang disebut golden ege atau keemasan bagi mereka untuk berkembang di segala aspek dalam diri anak. Adapun beberapa aspek perkembangan pada anak yang masuk usia dini sangatlah beragam termasuk aspek sosial emosional. Penelitian yang dilakukan saat ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kegiatan market day atas pengembangan sosial emosioal pada anak berusia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang saat ini dilakukan merupakan penelitian jenis kuantitatif eksperimen menggunakan cara pre test dan post test. Pengambilan data dilakukan menggunakan metode lembar observasi. Dalam analisis data, penulis menggunakan teknik Wilcoxon Math Pairs dengan bantuan IBM statistik SPSS. Sampel dari penelitian ini adalah 10 anak TK B An-Nur Ridlotillah kecamatan jetis, kabupaten mojokerto. Hasil penelitian berdasarkan out put tes statistik didapatkan nilai Asymp. Sig. (2- tailed) yaitu 0,004 < 0,05. Kesimpulan penelitiannya adalah “Hipotesis Diterima”. Hal ini bearti terdapat perbedaan hasil belajar sosial emosional antara Pre Test dan Pos Test. Berdasarkan data tersebut, kesinpulannya adalah adanya pengaruh atau dampak dari kegiatan market day atas aspek pengembangan sosial emosional terhadap anak saat berusia 5-6 tahun.
Kata kunci : kegiatan market day, perkembangan sosial emosional, anak usia 5-6 tahun
Early childhood is a child who is between the ages of 0-6 years at which age they go through a unique growth and development process, because at that period is the age that is called the golden age or golden age for them to develop in all aspects of the child. There are various aspects of development in children who enter their early age, including social-emotional aspects. The current research aims to find out how market day activities influence social emotional development in children aged 5-6 years. The type of research currently being carried out is a quantitative experimental type research using pre-test and post-test methods. Data collection was carried out using the observation sheet method. In data analysis, the authors used the Wilcoxon Math Pairs technique with the help of IBM SPSS statistics. The sample of this study were 10 children of Kindergarten B An-Nur Ridlotillah, Jetis District, Mojokerto Regency. The results of the research based on the statistical test output obtained the Asymp value. Sig. (2-tailed) namely 0.004 <0.05. The conclusion of the research is "Hypothesis Accepted". This means that there are differences in social emotional learning outcomes between the Pre Test and Post Test. Based on these data, the conclusion is that there is an influence or impact from market day activities on aspects of social emotional development of children when they are 5-6 years old.
Keywords: market day activities, social emotional development, children aged 5-6 years