PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLDV DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
PROFILE OF CRITICAL THINKING OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN SOLVING SPLDV PROBLEMS IN TERMS OF LEARNING STYLES
Berpikir kritis merupakan proses berpikir seseorang dalam mengolah informasi yang diperoleh hingga mendapatkan simpulan yang valid. Untuk mengidentifikasi proses berpikir kritis siswa salah satunya bisa dengan kegiatan pemecahan masalah. Salah satu faktor yang memberi pengaruh terhadap berpikir kritis ialah gaya belajar yang digunakan oleh siswa. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir kritis siswa SMP dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel yang ditinjau dari gaya belajar kinestik, auditorial, dan visual. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa yang mempunyai gaya belajar yang berbeda, memiliki jenis kelamin yang sama dan kemampuan matematika yang setara. Penelitian ini juga menggunakan pedoman wawancara, tes berpikir kritis, dan angket gaya belajar sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik pada proses pengenalan, siswa menentukan pokok permasalahan dengan tepat. Pada proses analisis, siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik menentukan strategi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dan membuat kesimpulan. Pada proses evaluasi, siswa dengan gaya belajar visual, audirorial, dan kinestetik mengecek kembali perhitungan dan langkah-langkah yang digunakan dalam menyelesaikan masalah. Pada proses memikirkan alternatif penyelesaian, siswa dengan gaya belajar visual dan kinestetik memikirkan alternatif penyelesaian lain dalam memecahkan permasalahan. Sedangkan siswa dengan gaya belajar auditorial tidak memikirkan alternatif penyelesaian lain.
Kata Kunci : Berpikir kritis, SPLDV, Gaya belajar visual, Gaya belajar auditorial, Gaya belajar kinestetik
Critical thinking is a person's thinking process in processing the information obtained to get a valid conclusion. One of the ways to identify students' critical thinking processes is problem solving activities. One of the factors that influence critical thinking is the learning style used by students. This research aims to describe the critical thinking profile of junior high school students in solving the problem of a two-variable linear equation system in terms of kinesthetic, auditory, and visual learning styles. This research is a descriptive research with a qualitative approach. The subjects in this study were three students who had different learning styles, had the same gender and equal mathematical abilities. This study also uses interview guidelines, critical thinking tests, and learning style questionnaires as research instruments. The results of this study indicate that students with visual, auditory, and kinesthetic learning styles in the introduction process, students determine the subject matter correctly. In the analysis process, students with visual, auditory, and kinesthetic learning styles determine the strategies used to solve problems and draw conclusions. In the evaluation process, students with visual, auditory, and kinesthetic learning styles recheck the calculations and steps used in solving problems. In the process of thinking about alternative solutions, students with visual and kinesthetic learning styles think of alternative solutions in solving problems. Meanwhile, students with auditory learning style do not think about other alternative solutions.