ANALISIS PENERAPAN E-CATALOGUE DI PEMERINTAHAN KABUPATEN GRESIK
ANALYSIS OF E-CATALOGUE IMPLEMENTATION IN GRESIK DISTRICT GOVERNMENT
Pemerintah Kabupaten Gresik telah menerapkan aplikasi E-Catalogue untuk memudahkan proses pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintahan. Aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi, serta mendorong partisipasi masyarakat, khususnya pelaku UMKM . Tujuan Penelitian ini menganalisis penerapan E-Catalogue dengan dasar teori Elemen Sukses E-government dari Indrajit. Metode penelitian deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari petugas Bagian Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Gresik, DISKOPERINDAG dan beberapa pengguna. Lokasi penelitian di Bagian Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Gresik, DISKOPERINDAG Kabupaten Gresik. Analisis data menggunakan teknik Miles, Huberman, dan Saldana dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk elemen support dukungan terhadap penerapan E Catalogue di Kabupaten Gresik cukup kuat, kesungguhan ini terlihat dari dukungan pimpinan daerah. Namun sosialisasi edukasi dan koordinasi antar OPD perlu diperkuat untuk UMKM serta minimnya penyebaran informasi tentang E-Catalogue kepada masyarakat luas dan Proses verifikasi yang hanya dilakukan secara offline di kantor BPBJ. Kemudian capacity sudah sesuai beberapa aspek infrastruktur Teknologi Informasi BPBJ menyediakan komputer dan ruang yang memadai untuk pengguna E-Catalogue. Dan mendapat respon positif dari pengguna, namun masih terdapat kendala dalam pemanfaatannya, seperti beberapa fitur aplikasi E-Catalogue yang tidak user friendly, dan masih sering terjadi sistem down yang menghambat pelayanan.Serta kompetensi pegawai BPBJ yang baik dalam menjalankan tugas nya dalam memberikan pelayanan penerapan E-Catalogue. Selanjutnya value E-Catalogue memberikan manfaat yang signifikan bagi UMKM, terutama peningkatan kualitas layanan publik. Kemudian disarankan untuk melakukan survei secara berkala guna mengukur kepuasan pengguna dan mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki.
Kata Kunci: E-Catalogue, Penerapan, Pengadaan Barang/Jasa
The Gresik Regency government has implemented an E-Catalogue application to streamline the procurement of goods and services within the government. The aim is to improve efficiency, transparency, and encourage community participation, especially MSMEs. This study analyzes the implementation of E-Catalogue based on Indrajit's E-government Success Elements theory. Research findings indicate that there is strong support for the implementation of the E Catalogue in Gresik Regency. This commitment is evident in the support provided by local leaders. However, socialization, education, and coordination among Regional Work Units (OPDs) need to be strengthened for MSMEs, and there is a lack of information dissemination about the E Catalogue to the wider community. Furthermore, the verification process is still conducted offline at the Regional Procurement Service Board (BPBJ) office.In terms of capacity, several aspects of the BPBJ's information technology infrastructure are adequate, providing computers and a suitable space for E-Catalogue users. The system has received a positive response from users, but there are still challenges in its utilization, such as some E-Catalogue application features that are not user friendly and frequent system downtime that hinders services. Additionally, the BPBJ staff have good competence in carrying out their duties in providing E-Catalogue implementation services.Furthermore, the E-Catalogue provides significant benefits to MSMEs, especially in terms of improving public service quality. It is recommended to conduct regular surveys to measure user satisfaction and identify areas that need improvement.
Keywords: E-Catalogue, Goods/Services Procurement, Implementation