ABSTRAK
Pengaruh Promotion Time Limit Dan Consumer Streamer Intercation
Terhadap Impulse Buying Deciisoan Melalui Perceived Risk Sebagai
Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen Live Streaming di Shopee)
NAMA : NURUL FATIHATUL FIKRIYAH
PROGRAM STUDI : S-1 Manajemen
JURUSAN : Manajemen
FAKULTAS : Ekonomika dan Bisnis
NAMA LEMBAGA : Universitas Negeri Surabaya
PEMBIMBING : Dr. Yessy Artanti, S.E., M.Si.
Pembelian impulsif sering kali muncul karena adanya
kemudahan dalam mengakses sosial commerce. Tujuan penelitian
ini yaitu mengetahui serta membahas pengaruh promotion time
limit, consumer streamer interaction, perceived risk, dan impulse buying
decision.Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling,
dengan menggunakan 110 responden dan data dianalisis dengan
model analisis jalur (path analysis) dengan software AMOS.
Responden penelitian ini dengan tipe konsumen online impulse
buying atau yang pernah berbelanja melalui fitur Shopee live
streaming. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh antara promotion time limit dan consumer streamer
interaction terhadap impulse buying decisionion, promotion time limit
berpengaruh terhadap perceived risk, namun dalam penelitian ini
tidak ditemukan adanya pengaruh dari consumer streamer
interaction terhadap perceived risk, dan perceived risk tidak
berpengaruh terhadap impulse buying decision. Penelitian ini
berguna bagi para peneliti serta social commerce yang menerapkan
live streaming guna lebih memperhatikan serta memperdulikan
bagaimana pentingnya promotion time limit,consumer streamer
interaction, serta perceived risk bagi konsumen.
Kata kunci : Promotion Time Limit, Consumer Streamer
Interaction, Perceived Risk, Social Commerce.