Media pembelajaran merupakan sebuah alat yang disusun baik berupa perangkat keras maupun lunak yang berfungsi untuk mempermudah guru dalam menyampaikan pesan atau informasi materi kepada siswa. Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran “Marketing E-Modul” Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Pasar Kelas X Pemasaran di SMKN 1 Lamongan”. Tujuan dalam penilitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pengembangan Marketing E-Modul sebagai media pembelajaran pada kompetensi dasar menganalisis pasar kelas X Pemasaran SMK N 1 Lamongan. (2) Mendiskripsikan bagaimana kelayakan dari “Marketing E-Modul” sebagai media pembelajaran pada kompetensi dasar menganalisis pasar kelas X Pemasaran SMK N 1 Lamongan. (3) Mengetahui bagaimana respon siswa setelah menggunakan “Marketing E-Modul” sebagai media pembelajaran pada kompentensi dasar menganalisis pasar kelas X Pemasaran SMK N 1 Lamongan.
Metode penelitian ini mengadopsi teori pengembangan dari Thiagarajaan, Semmel and Sammel yaitu model 4D yang terdiri dari tahap Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminste). Penelitian ini hanya sampai pada tahan Pengembangan (Develop) yaitu Prototype produk berupa aplikasi android “ Marketing E-Modul”. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan uji telaah dan uji validasi oleh para ahli ( ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media) dan angket respon siswa. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Marketing E-Modul pada kompetensi dasar menganalisis pasar memperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 81,17% dengan kriteria sangat layak. Hasil persentase ini diperoleh dari beberapa hasil penilaian validasi diantaranya validasi materi sejumlah 85,3%, validasi bahasa sejumlah 77,90%, dan validasi media sejumlah 80,31%.
Kata Kunci : Pengembangan, Media pembelajaran, Marketing E-Modul.
Learning media is a tool that is composed both in the form of hardware and software that serves to facilitate the teacher in delivering messages or material information to students. This research is titled “Development of "Marketing E-Modul" Learning Media in Basic Competence-Analyzing Market on Grade X Marketing in SMKN 1 Lamongan”. The objectives in this study are to: (1) Describe the process of developing the Marketing E-Modul as a learning media in basic competence analyzing market on grade X Marketing in SMKN 1 Lamongan. (2) Describe the feasibility of "Marketing E-Modul" as a learning media in basic competence analyzing market on grade X Marketing in SMKN 1 Lamongan. (3) Know how students respond after using "Marketing E-Modul" as a learning media in basic competence analyzing market on grade X Marketing in SMKN 1 Lamongan.
This research method adopts the development theory of Thiagarajaan, Semmel and Sammel, namely the 4D model which consists of the defining, design, development and dissemination phases. This research was taken only until the Development stage, namely the product prototype in the form of an Android application "Marketing E-Modul". The instruments of data collection in this study were review tests and validation tests by experts (material experts, linguists, and media experts) and student response questionnaires. The results of the research on the development of Marketing E-Modul media on basic competence analyzing market obtained an average yield of 81,17% with very feasible criteria. The results of this percentage were obtained from several validation assessment results including material validation of 85.3%, language validation of 77,90%, and media validation of 80,31%.
Keywords: Development, learning media, Marketing E-Modul