Hubungan antara Work Life Balance dengan Work Engagement pada Guru di Yayasan X
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara work life balance dengan work engagement pada guru di yayasan X. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis korelasional. Penelitian ini dilakukan pada salah satu institusi pendidikan yaitu yayasan X. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian yaitu purposive sampling, dengan karakteristik guru pendidik tetap yayasan dan memiliki masa kerja minimal 2 tahun. Subjek yang digunakan dalam penelitian yaitu guru di yayasan X berjumlah 57 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu skala work life balance dan work engagement. Analisis data yang digunakan yaitu korelasi pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) yang artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara work life balance dengan work engagement. Nilai koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0,733 (r=0,733), yang menunjukkan adanya hubungan yang tergolong kuat dan positif antara work life balance dengan work engagement. Adanya hubungan positif tersebut menunjukkan semakin tinggi work life balance, maka semakin tinggi juga work engagement pada guru di yayasan X
This study aims to determine the relationship between work life balance and work engagement in teachers at the X foundation. This research uses quantitative research methods with correlational analysis. This research was conducted at one of the educational institutions, namely the X foundation. The sampling technique used in the study was purposive sampling, with the characteristics of permanent teacher educators and having a minimum working period of 2 years. The subjects used in the study were 57 teachers at the X foundation. The instruments used in this research are the work life balance and work engagement scales. The data analysis used is Pearson product moment correlation. The results of data analysis showed a significance value of 0.000 (p <0.05), which means that there is a positive and significant relationship between work life balance and work engagement. The correlation coefficient value obtained was 0.733 (r=0.733), which indicates a relatively strong and positive relationship between work life balance and work engagement. The existence of this positive relationship shows that the higher the work life balance, the higher the work engagement of teachers at the X foundation.