ABSTRAK
Indayati,
Siti. 2023.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA
Berbasis Etnosains Daerah Pantai Kenjeran Untuk Melatih Keterampilan Berpikir
Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar . Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar,
Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Wahono Widodo,
M.Pd dan (II) Dr. Elok Sudibyo, M.Pd
Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Etnosains, Keterampilan Berpikir Kritis
Penelitian ini bertujuan untuk menguji
kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran IPA berbasis
etnosains daerah pantai Kenjeran untuk melatih keterampilan berpikir kritis
siswa kelas V sekolah dasar pada materi suhu dan kalor dan untuk
mendeskripsikan hasil keterlaksanaan RPP, hasil belajar siswa, keterampilan
berpikir kritis, respon siswa serta hambatan-hambatan yang dihadapi dalam
pelaksanaan pembelajaran IPA berbasis etnosains daerah pantai Kenjeran untuk
melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar yang mengacu
pada pengembangan model four-D tetapi hanya sampai pada tahap pengembangan.
Tahap kedua yaitu mengujicobakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan
pada siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SDN Kedung Cowek
I/253. Uji coba dilakukan dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dilakukan
melalui pengamatan, tes, dan angket respon siswa. Teknik analisis data
menggunakan teknis analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA berbasis etnosains daerah pantai
Kenjeran untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar
memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Valid berdasarkan hasil
penilaian validator terhadap perangkat silabus yang memperoleh skor rata-rata
3,6 berkategori sangat valid, modus 4 berkategori sangat valid dan nilai
reabilitas 94,4% berkategori reliabel. Validasi RPP pada komponen format, isi,
bahasa memperoleh rata-rata skor 3,7 berkategori sangat vaid, modus 4 kategori
sangat valid, dan reabilitas 88% kategori reliabel. Validasi bahan ajar siswa
komponen isi, bahasa, dan penyajian memperoleh skor rata-rata 3,6 dan modus 4
berkategori sangat valid dan reabilitas 87,5% berkategori reliabel. Rata-rata
dari instrumen LK PD
adalah 3, 7
berkategori sangat valid dan modus 4 berkategori sangat valid dan memperoleh
reliabilitas sebesar 8 8,89
% dengan katagori reliabel. Kepraktisan pembelajaran berupa keterlaksanaan
pembelajaran secara keseluruhan memperoleh rata-rata 3, 4 kategori baik
dan modus 4 kategori sangat baik. Langkah-langkah kegiatan yang ada di dalam
RPP mempunyai presentase sebesar 85,72% dengan kategori reliabel. Keterbacaan
bahan ajar memperoleh persentase skor siswa 89,7% kategori sangat kuat dan k endala-kendala yang muncul dapat diatasi
dengan baik. Keefektifan berdasarkan rata-rata N-gain kelas VA dan VB yaitu
0,46 dan 0,53 yang artinya N-gain pretest dan posttest sedang. Berdasarkan
hasil N-gain tersebut maka pembelajaran IPA berbasis etnosains daerah pantai Kenjeran pada materi suhu dan kalor
Kelas VA dan VB
efektif dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa yang
ditandai dengan meningkat nya hasil belajarsisw a