Pengembangan Website untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Ikatan Kimia
The Development of Website to Improve Students' Creative Thinking Skills on Chemical Bonding
Keterampilan berpikir kreatif yang termasuk dalam keterampilan abad ke-21, adalah keterampilan yang menggunakan kreativitas dalam menyelesaikan masalah dengan menghasilkan suatu gagasan baru secara beragam dan luas. Keterampilan berpikir kreatif berindikator kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif dapat dilaksanakan dengan pengadaan media pembelajaran yang bersifat interaktif, inovatif, dan kreatif, yakni dengan memanfaatkan teknologi seperti website. Oleh karenanya, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan website guna meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi ikatan kimia. Sehingga akan diperoleh website yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan penelitian research and development (R&D) dengan model 4D (define, design, develop, & disseminate), namun dibatasi sampai tahap develop. Sedangkan desain uji coba website menggunakan one-group pre-test-post-test design. Data diperoleh dengan melalui pengisian angket validasi untuk mengetahui validitas website; angket respons dan lembar observasi aktivitas peserta didik, dan penggunaan pedoman wawancara untuk mengetahui kepraktisan website; serta tes keterampilan berpikir kreatif untuk mengetahui keefektifan website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website yang dikembangkan bersifat sangat valid, dengan persentase 90,2% untuk validitas isi dan 88,57% untuk validasi konstruk. Mengacu pada hasil angket respons, website juga bersifat sangat praktis dengan persentase sebesar 89,93%. Selain itu, melalui penggunaan website terjadi peningkatan pada hasil post-test peserta didik untuk tes keterampilan berpikir kreatif pada materi ikatan kimia. Melalui n-gain, peningkatan pada indikator kelancaran, fleksibilitas, dan elaborasi termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai n-gain secara berturut-turut sebesar 0,92; 0,73; dan 0,74. Sedangkan peningkatan dalam kategori sedang untuk indikator orisinalitas dengan nilai n-gain 0,48. Website yang dikembangkan bersifat efektif karena nilai signifikansi pada uji t berpasangan < 0,05. Sehingga, website yang dikembangkan bersifat efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif.
Creative thinking skills are one of many skills that are required to have in the 21st century. It is a skill that uses creativity in solving problems by generating a new idea in a diverse and widespread way. Creative thinking skills indicate fluency, flexibility, originality, and elaboration. creative thinking skills can be improved by implemented with the acquisition of interactive, innovative and creative learning media, i.e. by using technologies such as websites. Therefore, research was conducted and aimed at developing websites to enhance the creative thinking skills of students on chemical binding materials. Through this research, a valid, practical and effective website will be obtained. This research uses research and development (R&D) with the 4D model (defines, design, develop, and disseminate), but is limited to the development stage. The website is designed with one-group pretest-posttest design. Data is obtained through the completion of validation questionnaire to know the validity of the website; responses questionnaire and observation sheets of the activity of students, and the use of interview guidelines to find out the practicality of the site; as well as a test of creative thinking skills to see the effectiveness of a website. The results of the research showed that the website developed is highly valid, with a percentage of 90,2% for content validity and 88,57% for construction validation. Referring to the results of responses questionnaire, the website is also considered as very practical with a percentage of 89.93%. In addition, by using the website there was an improvement in the results of the post-test participants for the test of creative thinking skills on chemical bonding material. Through n-gain, improvements in the indicators of fluency, flexibility, and elaboration are considered into the high category with n-gain values 0.92; 0.73; and 0.74. The improvement in the category is moderate for the originality indicator with a n-gain value of 0.48. The website is effective because of the significance value in a pair t test < 0,05. So, the developed website is effective to improve creative thinking skills of students on chemical bond.