KAJIAN TENTANG METODE VAKT (VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC, AND TACTILE) UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN
Penelitian ini bertujuan mengkaji metode VAKT untuk kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan. Metode penelitian ini menggunakan literatur review dengan sumber data yang diperoleh dari Google Scholar, ICSE, ACPCH dan Sinta yang telah terakreditasi sebagai pengumpulan data. Perolehan data dianalisis menggunakan teknik diskriptif kualitatif berupa kesamaan hasil, metode, dan intervensi yang digunakan dalam artikel terkait sesuai topik pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan metode VAKT melalui tahapan mempelajari kata dengan melihat (visual) mengucapkan secara keras kata yang dipelajari (auditory), menelusuri susunan kata yang telah dipelajari sebelumnya dengan dipadukan tanda baca (khinesthetic), meraba pada setiap kata yang dibaca menggunakan jari tangan (tactile) dapat menunjang kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan. Simpulan kajian ini bahwa metode VAKT sebagai proses pembelajaran yang menggabungkan indra penglihatan, pendengaran, dan perabaan berpotensi untuk membelajarkan membaca permulaan dalam mengenali bentuk huruf, tanda baca, dan merangkai kata menjadi sebuah kalimat sederhana yang dibaca oleh anak tunagrahita ringan.
Kata Kunci : Kajian Pustaka, VAKT, Membaca Permulaan, Anak Tunagrahita Ringan
This study aims to examine the VAKT method in improving the early reading ability of children with mild intellectual disabilities. This research method uses a literature review with data sources obtained from Google Scholar, ICSE, ACPCH and Sinta that have been accredited as data collection techniques. The data obtained were analyzed using qualitative descriptive techniques in the form of similar results, methods, and interventions used in related articles according to the topic of discussion. The results of the study show that the VAKT method goes through the stages of learning words by seeing (visually) speaking aloud the words being studied (auditory), tracing the word order that has been studied previously combined with punctuation (khinesthetic), feeling for each word that is read using the fingers (tactile), can support the early reading ability of children with mild intellectual disability. The conclusion of this study is that the VAKT method as a learning process that combines the senses of sight, hearing, and touch has the potential to teach early reading in recognizing letter shapes, punctuation marks, and stringing words into simple sentences that are read by mild mentally retarded children.
Keyword : Library Research, VAKT, Ability Reading, Mild Mental Retardation