SUCCESS FACTOR ANALYSIS OF DANAREKSA ONLINE NEXT GENERATION APPLICATION USING DELONE & MCLEAN SUCCESS MODEL AND END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)
Danareksa adalah perusahaan sekuritas di Indonesia yang memanfaatkan teknologi informasi untuk memudahkan nasabah mereka dalam berinvestasi, yaitu dengan membuat D’One Next-G atau Danareksa Online Next Generation. Aplikasi tersebut dapat diakses melalui desktop maupun mobile karena tersedia di playstore untuk android maupun app store untuk iPhone. Dengan aplikasi ini, pengguna dibantu agar dapat memilih keputusan terbaik dalam berinvestasi. Kepuasan pengguna adalah salah satu prioritas utama dalam mengembangkan aplikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Delone dan McLean, dikatakan bahwa kepuasan pengguna umumnya diketahui sebagai tolak ukur terpenting keberhasilan suatu sistem. Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan McLean mengukur kepuasan pengguna berdasarkan penilaian pada sistem terkait kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, penggunaan, dan net benefit. Selain metode Delone & McLean, terdapat juga metode lain untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna, dan salah satunya adalah End User Computing Satisfaction (EUCS). Metode ini dikembangkan oleh Doll & Torkzadeh (1988) ini terdiri dari beberapa variabel, yaitu isi, akurasi, format, kemudahan penggunaan, dan efisiensi waktu dari sistem. Guna mengukur kepuasan pengguna aplikasi D’One Next-G, dalam penelitian ini akan diterapkan model kesuksesan Delone dan McLean dan metode EUCS. Penelitian ini akan mengunjukkan tingkat kepuasan pengguna dan memperoleh informasi yang berguna untuk pihak Danareksa dalam pengembangan aplikasi D’One Next-G.
Kata Kunci— Kepuasan Pengguna, Aplikasi D’One Next-G, Model Kesuksesan Delone & McLean, End User Computing Satisfaction (EUCS).
Danareksa is a securities company in Indonesia that utilizes information technology to make it easier for their customers to invest, by creating D'One Next-G or Danareksa Online Next Generation. The application can be accessed via desktop or mobile because it is available in the Playstore for Android and the App Store for iPhone. With this application, users are assisted in making the best investment decisions. User satisfaction is one of the main priorities in developing applications. Based on research conducted by Delone and McLean, it is said that user satisfaction is generally known as the most important measure of the success of a system. Delone and McLean Information System Success Model measures user satisfaction based on an assessment of the system related to information quality, service quality, system quality, usage, and net benefit. Apart from the Delone & McLean method, there are also other methods to analyze the level of user satisfaction, and one of them is End User Computing Satisfaction (EUCS). This method was developed by Doll & Torkzadeh (1988) and consists of six variables; content, accuracy, format, ease of use, and timeliness, and end-user computing satisfaction. In order to measure user satisfaction with the D'One Next-G application, this research will apply the Delone and McLean success model and EUCS method. This research will show the level of user satisfaction and obtain useful information for Danareksa in developing D'One Next-G application.
Keywords—User Satisfaction, D'One Next-G Application, Delone & McLean Success Model, End User Computing Satisfaction (EUCS).