IMPLEMENTATION PT. ANGKASA PURA I JUANDA INTERNATIONAL AIRPORT’S CSR AS AN EFFORT TO EMPOWER THE SOCIETY’S ECONOMY IN THE MIDDLE OF COVID-19 PANDEMIC THROUGH UMKM WANI
Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia memunculkan beberapa permasalahan salah satunya dalam bidang ekonomi. CSR sebagai salah satu kewajiban perusahaan memiliki andil dalam mengatasi permasalahan ekonomi karena pandemi ini. Begitu pula yang dilakukan oleh PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda melakukan perancangan program CSR menyesuaikan kondisi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan CSR Angkasa Pura Juanda sebagai bentuk upayanya dalam membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat ditengah pandemi COVID-19. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam kepada enam informan yaitu dua staff CSR PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda dan empat mitra binaannya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya program UMKM Wani dilaksanakan dalam bentuk penyaluran dana, pelatihan, promosi, pemagangan, sertifikasi naik kelas dan stimulus. Program tersebut memiliki manfaat bagi UMKM Binaan. Karena hal tersebut timbul kepercayaan mitra binaan kepada perusahaan sehingga setiap program dilaksanakan selalu terdapat UMKM yang menjadi mitra perusahaan karena rekomendasi mitra binaan lama. Hal ini berpengaruh terhadap image baik perusahaan yang timbul karena kepercayaan dari mitra binaan.
Kata kunci: CSR, pemberdayaan ekonomi masyarakat
The Covid-19 pandemic that occurred in Indonesia brought up several problems, and one of them is the economic field. CSR as one of the company's obligations has a role in dealing with economic problems due to this pandemic. So does PT. Angkasa Pura I Juanda International Airport did in planning a CSR program based on current conditions. This study aims to explore how the implementation of Angkasa Pura Juanda's CSR as a form of its efforts to empower the society's economy in the middle of the Covid-19 pandemic. The data of this study is collected through in-depth interviews with six informants, and two CSR staff of PT. Angkasa Pura I Juanda International Airport and the rest of the informants are people of the company's miter. The results of this study show that the UMKM Wani program is implemented in the form of disbursement of funds, training, promotion, certification and stimulus. The program has benefits for the assisted MSMEs. Because of this, the old company’s miter trust the company so they give recommendation to the other MSMEs, and become new company’s miter. This affects the good image of the company that arises because of the trust of the company’s miter.
Key words: CSR, community economic empowerment