Data dari Badan Pusat Statistik jumlah pengusaha di Indonesia adalah 3,4%. Meski sudah baik, jumlah tersebut masih kurang dari negara lain. Demi menambah jumlah pengusaha kemenristekdikti selalu mendorong mahasiswa Indonesia menjadi seorang wirausaha dengan berbagai program. Namun banyak faktor yang menghambat melakukan wirausaha, salah satunya adalah faktor pengetahuan. Penelitian ini mengembangkan e-content mata kuliah kewirausahaan dengan materi business model canvas berbasis website. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, hasil respon mahasiswa, dan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Reseach and Development). Penelitian yang dilakukan berupa sebuah e-content mata kuliah kewirausahaan dengan materi business model canvas berbasis website dengan fitur utama e-content pembelajaran dan pengumpulan business model canvas. Media ini diujicobakan kepada 110 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perhitungan validasi materi didapatkan persentase sebesar 84,666% (sangat baik). Validasi media pembelajaran didapatkan persentase 90,666% (sangat baik). Validasi angket respon didapatkan persentase sebesar 86% (sangat baik). (2) Persentase respon mahasiswa setelah menggunakan e-content kewirausahaan berbasis website adalah 81,274% (baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-content mata kuliah kewirausahaan dengan materi business model canvas berbasis website di universitas negeri surabaya termasuk dalam kategori ‘Baik’ dan valid untuk digunakan. (3) Data nilai mahasiswa berdistribusi normal yang memiliki rata-rata nilai 84,14 dengan standar deviasi sebesar 4,13.
Based on data from Badan Pusat Statistik the number of entrepreneurs in Indonesia is 3.4 percent. Even it is great, this number is lesser than other countries. Kemenristekdikti always encourages the Indonesian students to be entrepreneurs by organizing many programs. However, many factors may discourage entrepreneurship, such as lack of knowledge. This research developed e-content of entrepreneurship course with the business model canvas material based on website. In addition, it formulated research problems on how validity, student responses, and student learning outcomes. This research used the R&D (Research and Development) method. It was an e-content of entrepreneurship course with the business model canvas material based on website with the main feature of e-content learning and business model canvas submission. This media was tested to 110 students who were taking an entrepreneurship course. Moreover, the data analysis technique used in this research was descriptive analysis. The results of this research show that (1) the validation calculation of the material obtained 84.666% (excellent). The validation of the learning media obtained 90.666% (excellent). The validation of the questionnaire obtained 86% (excellent). (2) The percentage of student responses after using e-content entrepreneurship based on website was 81,274% (good). Therefore, it can be concluded that the development of e-content entrepreneurship course with the business model canvas material based on website at the State University of Surabaya is categorized as ‘Good’ and valid to be used. (3) The data of student score is normally distributed with an average score of 84.14 with a standard deviation of 4.13.