Pengembangan Media Kartu untuk Pembelajaran Keterampilan Menulis Huruf Kapital di Kelas II Sekolah Dasar
Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya peserta didik yang masih kesulitan dalam menggunakan kaidah tata bahasa serta ejaan yang benar, khususnya dalam penggunaan huruf kapital. Kondisi tersebut disebabkan karena media dan metode yang digunakan pendidik kurang efektif, sehingga membuat peserta didik semakin sulit memahami konsep penggunaan huruf kapital. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media kartu yang valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran keterampilan menulis huruf kapital di kelas II sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall. Subjek uji coba yang digunakan adalah peserta didik kelas II UPTSSD Negeri 231 Gresik. Hasil penelitian menunjukkan hasil kevalidan berdasarkan ahli materi sebesar 95%, ahli media sebesar 98%, dan ahli metode pembelajaran sebesar 92,5%. Kepraktisan media berdasarkan dari hasil angket peserta didik sebesar 100% dan pendidik sebesar 94,29% serta keterlaksanaan pembelajaran sebesar 91,67%. Keefektifan media berdasarkan perhitungan N-gain menunjukkan adanya peningkatan nilai peserta didik sebesar 0,65147783 yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu layak digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis huruf kapital di kelas II Sekolah Dasar.
Kata Kunci: media kartu, metode permainan, menulis huruf kapital.
This research is motivated by the large number of students who still have difficulty using grammatical rules and correct spelling, especially in the use of capital letters. This condition is caused because the media and methods used by educators are less effective, making it more difficult for students to understand the concept of using capital letters. This study aims to produce valid, practical, and effective card media for learning capital letter writing skills in grade II elementary school. The method used is Research and Development (R&D) with the Borg and Gall model. The test subjects used were students of grade II UPTSSD Negeri 231 Gresik. The results showed validity results based on material experts by 95%, media experts by 98%, and learning method experts by 92.5%. The practicality of the media is based on the results of questionnaires of students by 100% and educators by 94.29% and the implementation of learning by 91.67%. The effectiveness of me he based on the calculation of N-gain shows an increase in the value of students by 0.65147783 which is included in the medium category. The results showed that card media is suitable for use in learning capital letter writing skills in grade II Elementary School.
Keywords: card media, game method, writing capital letters.