ABSTRAK
Suatu negara tentunya memiliki tujuan yakni untuk mensejahterahkan masyarakatnya. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, sudah pasti negara memiliki suatu upaya yang akan dilakukan demi terwujudnya tujuan yang menjadi target didalamnya. Salah satu bentuk upaya untuk mensejahterahkan masyarakat yakni dengan menyediakan pelayanan publik. Adapun di Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik ini mempunyai keunggulan dalam bidang pelayanan yakni administrasi 30 detik yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih mudah dan cepat tanpa harus menunggu lama, karena waktu yang dibutuhkan dalam penyelesaiannya hanya 30 detik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Efektivitas Pelayanan Administrasi 30 Detik di Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Fokus penelitian ini dengan menggunakan teori indikator efektivitas pelayanan dari Peraturan MENPAN Nomor 15 Tahun 2014 meliputi persyaratan, prosedur pelayanan, waktu pelayanan, produk pelayanan, pengelolaan pengaduan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, sarana dan prasarana, jaminan keamanan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan observasi sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 543 responden dengan sampel sejumlah 84 responden. Penelitian ini menggunakan teknik sampling incidental. Dari sembilan indikator yang telah digunakan oleh peneliti tersebut menunjukkan bahwa penelitian ini sudah termasuk dalam pelayanan yang mudah dan cepat sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil, meskipun banyak kekurangan dalam pelaksanaannya. Tetapi untuk keseluruhan penelitian ini menunjukkan bahwa persentase tiap indikator berada pada kategori efektif. Indikator persyaratan memperoleh persentase sebesar 75,1%, Indikator prosedur pelayanan memperoleh persentase sebesar 73,6%, indikator waktu pelayanan memperoleh persentase sebesar 74,9%, indikator produk pelayanan memperoleh persentase sebesar 75,7%, indikator pengelolaan pengaduan memperoleh persentase sebesar 76,4%, indikator kompetensi pelaksana memperoleh persentase sebesar 75,5%, indikator perilaku pelaksana memperoleh persentase sebesar 76,9%, indikator sarana dan prasarana memperoleh persentase sebesar 77,2%, jaminan keamanan memperoleh persentase sebesar 73,3%. Kemudian secara keseluruhan nilai persentase skor jawaban dari sembilan indikator diatas untuk efektivitas pelayanan administrasi 30 detik di Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik ini memperoleh skor sebesar 73,0% yang berarti “Efektif”. Saran yang dapat peneliti berikan mengenai penelitian ini yaitu pertama diadakannya acara sosialisasi mengenai persyaratan, prosedur dan waktu pelayanan yang jelas, kedua untuk alur persyaratan pelayanan diubah seperti dijadikan link agar lebih mudah, ketiga penambahan sarana dan prasarana yaitu kursi dan kipas angin dalam ruang pelayanan, keempat ditambahkannya kapasitas memori atau ruang komputer sehingga dapat mencegah kelemotan pada saat pelayanan berlangsung.
Kata Kunci : Efektivitas Pelayanan, Administrasi 30 Detik.
ABSTRACT
A country certainly has a purpose namely to the welfare of the society. To realize these objectives, it is certain country has an effort to be made in order to materialize the objectives that are targeted therein. One form of efforts to enrich society is by providing public services. In the village of Pangkahkulon in the district of Ujungpstepping Gresik Regency has an advantage in the field of service namely administration of 30 seconds that aims to provide services that are easier and faster without having to wait long, because the time Needed in the completion of just 30 seconds. The purpose of this research is to know and describe the effectiveness of administrative services 30 seconds in Desa Pangkahkulon Sub-district of Gresik Regency. This research uses a type of quantitative descriptive research. The focus of this research using the theory of the service effectiveness indicators of the MENPAN Regulation number 15 year 2014 covering requirements, service procedures, service time, service products, complaint management, implementing competencies, behaviour and infrastructure, security assurance. The data collection techniques in this study use questionnaires and observations while their data analysis techniques use quantitative data analysis and descriptive analysis. The population in this study was 543 respondents with a sample of 84 respondents. This research uses incidental sampling techniques. Of the nine indicators that have been used by the researchers show that this research has been included in the service that is easy and fast so it can be said that the research was successful, despite the many shortcomings in its implementation. But for the entire study it shows that the percentage of each indicator is in an effective category. The requirement indicator gets a percentage of 75.1%, the service procedure indicator gains a percentage of 73.6%, the time indicator of the service gets a percentage of 74.9%, the product service indicator gains a percentage of 75.7%, The complaint management indicator has a percentage of 76.4%, the implementation competency indicator is gaining a percentage of 75.5%, the implementation of implementing behaviours is a percentage of 76.9%, the means and infrastructure indicators obtain Percentage of 77.2%, the security guarantee gained a percentage of 73.3%. Then overall score percentage of answers from the nine indicators above for the effectiveness of administrative services 30 seconds in Desa Pangkahkulon district ujungpstepping up Gresik, this has gained a score of 73.0% which means "effective". Advice that researchers can give about this research is the first holding a socialization event about the requirements, procedures and service time is clear, second for the flow of service requirements changed such as link to make it easier, third The addition of facilities and infrastructure is the seat and the fan in the service room, fourth added the capacity of memory or computer space so as to prevent the humidity during service occurs.
Keywords: Service effectiveness, administration 30 seconds.