Abror, Muhammad Farisi. 2018 Pengembangan Video Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sd. tesis, program studi pendidikan dasar, pasca sarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd. dan (II) Dr. Wahono Widodo M.Si.
Kata-kata kunci: Pengembangan Media, Video Pembelajaran kontekstual, hasil belajar, motivasi
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkana media pembelajaran berupa video pembelajaran kontekstual yang layak pada topik siklus air yang dapat dinilai dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SD. Pengembangan dalam penelitian ini menggunakan empat tahap dari model 4-D yaitu tahap pendefinisian (defin), perancangan (design), pengembangan (develop), diseminasi (disseminate) dan diuji cobakan di kelas lima SDN Poter 2 dan SDN Soket laok 2 tahun ajaran 2018 dengan one-group pretest-posttest design. Pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) video pembelajaran kontekstual yang dikembangkan berkategori valid. 2) video pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi syarat kepraktisan. 3) keefektifan video pembelajaran ditinjau dari hasil belajar belajar telah mengalami peningkatan dan menguatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahawa video pembelajaran kontekstual telah memenuhi syarat sebagai video pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar.
ABSTRACT
Abror, Muhammad Farisi. 2018 Development of Contextual Learning Videos to Increase Student Motivation and Learning Outcomes Elementary School. Tesis, Basic Education Course, Postgraduate of Surabaya State University. Counselor: (I) Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd. and (II) Dr. Wahono Widodo M.Si.
Keywords: Media Development, Video Contextual learning, learning outcomes, motivation
This study aims to produce instructional media in the form of a decent contextual learning video in the topics that can be done from the validity, practicality and effectiveness in improving the motivation and learning outcomes of elementary school students.
Development by using four stages of 4-D model that is defin, design, development, disseminate and location of this study in class five SDN Poter 2 and SDN Soket Laok 2 academic year 2018 with one group pretest-posttest design. Data collection used, observation tests, interview and questionnaires. Data analysis techniques using descriptive and qualitative analysis techniques.
The results showed that 1) contextual learning videos developed categorized as valid. 2) learning videos developed that have met the requirements of practicality. 3) the effectiveness of learning videos in terms of learning outcomes has improved and strengthened student learning. The use of contextual learning video data analysis has qualified as a valid, practical and effective learning video to improve learning and learning outcomes.