ABSTRAK
PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF PADA MAHASISWA BAHASA INGGRIS DALAM PEMAHAMAN MEMBACA
Nama : Renny Nur Fitriani
NIM : 14020084003
Fakultas : Fakultas Bahasa & Seni
Institusi : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Drs. Fahri, M.A.
Tahun : 2019
Kata Kunci: Strategi metakognitif, membaca, pemahaman membaca
Membaca adalah keterampilan yang paling penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa, terutama untuk mahasiswa jurusan Bahasa Inggris. Untuk mewujudkan siswa yang berpengatahuan, siswa perlu menguasai keterampilan membaca dengan benar. Karena itu, di era pendidikan ini. Banyak ahli percaya, bahwa dengan membaca dapat memberikan peran yang lebih besar untuk mencapai tujuan siswa dan itu semua juga dapat mempengaruhi kemampuan pemahaman membaca siswa dalam bidang lain, apabila siswa memiliki kemampuan membaca dengan baik dalam Bahasa Inggris. Para siswa perlu memiliki beberapa strategi dalam membaca untuk membantu mereka memperoleh pemahaman yang mereka inginkan.
Teradapat dua strategi pembelajaran, yaitu: strategi langsung dan strategi tidak langsung. Strategi langsusng, terdiri dari strategi kognitif, strategi memori, dan strategi kompensasi. Sebaliknya, strategi tidak langsung terdiri dari strategi metakognitif, strategi afektif, dan strategi sosial. Namun, strategi metakognitif adalah strategi umum yang digunakan oleh pembaca. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti fokus terhadap penerapan strategi metakognitif.
Karena penelitian terhadap strategi metakognitif masih terbatas di Indonesia dan penelitian sebelumnya menjadi bagian dari landasan teoretis. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan strategi metakognitif yang digunakan oleh Mahasiswa Bahasa Inggris dalam pemahaman baca mereka. Peneliti menetapkan 8 mahasiswa untuk menjadi subjek dalam penelitian ini. Subjek dipilih berdasarkan skor membaca TEP mereka, yang termasuk sebagai pembaca tingkat lanjut. Peneliti melaksanakan penelitian ini di Universitas Negeri Surabaya karena peneliti hendak mengetahui fenomena di kampusnya sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, para siswa hanya membaca seluruh teks tanpa memikirkan apa yang akan mereka lakukan. Namun, para siswa melakukan sesuatu sebelum membaca, mislanya: menetapkan tujuan, menebak topik dari judul bacaan, dan menghubungkan teks dengan pengetahuan yang mereka miliki sebelumnya. Tetapi, mereka tidak menyadari bahwa kegiatan tersebut tergolong dalam tahap perencanaan karena kegiatan tersebut terjadi sebelum kegiatan membaca dimulai. Selain itu, dalam tahap pemantauan, sebagian besar mahasiswa memiliki kesukaran dalam kosakata,mencari gagasan pokok, dan topik dalam bacaan. Pada tahp ini, para mahasiswa menggambarkan bagaimana mereka mengatasi masalah mereka dalam membaca dan juga menunjukkan jenis strategi yang mereka gunakan dalam memantau bacaan mereka. Selain itu, dalam tahap penilaian, para mahasiswa menggambarkan bahwa mereka membuat simpulan terhadap teks yang mereka baca. Dengan begitu, mahasiswa menilai apakah mereka memahami bacaan tersebut atau tidak. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa menerapkan apa yang merekan baca dalam situasi lain dan juga mereka meninjau pemahaman mereka dengan membuat simpulan terhadap teks. Para mahasiswa juga menyebutkan bahwa ketika mereka membuat simpulan, mereka hanya menulis informasi penting.
Simpulan dalam penelitian ini, para mahasiswa berhasil menerapkan strategi metakognitif dalam pemahaman baca mereka. Hal tersebut dapat dilihat dari mereka mampu menerapkan tahapan, mulai dari tahap perencanaan sebelum mereka membaca, kemudian memantau dan mengatur selama mereka membaca, dan juga menilai dalam kinerja akhir. Para mahasiswa juga dapat memahami bacaan-bacaan menggunakan strategi tersebut.
ABSTRACT
THE IMPLEMENTATION OF METACOGNITIVE STRATEGIES IN EFL UNIVERSITY STUDENTS’ READING COMPREHENSION
Name : Renny Nur Fitriani
Reg. Number : 14020084003
Faculty : Faculty of Languages and Arts
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Drs. Fahri, M.A.
Year : 2019
Keywords: Metacognitive Strategies, Reading, Reading Comprehension
Reading is the most important skill in learning English for students, especially EFL university students. In order to make them know they need to master it properly. Therefore, in this education era. Many experts believe that reading actually provides the larger role of reaching the goal and it also influences all other areas if the students can have the ability to read well in English. The students need to have several strategies in reading to help them acquire their understanding.
There are two learning strategies, which are: direct and indirect strategies. Direct strategies consist of cognitive strategies, memory strategies, and compensation strategies. On the other hand, indirect strategies consist of metacognitive strategies, effective strategies, and social strategies. However, metacognitive strategies are common strategies used by readers.
Since research on metacognitive strategies is still limited in Indonesia and the previous studies become parts of theoretical foundations. This study aims to investigate the implementation of metacognitive strategies used by the EFL university students in their reading comprehension. The researcher chose 8 students to be the subject of this research. The subjects are chosen based on their TEP reading score, which includes an advanced readers category. The researcher conducted this study in State University Surabaya because she wants to know the phenomenon in her own campus. The results showed that in planning stages, the students just directly read the whole passages without thinking what would they did it in. However, they did something before reading, for example setting a goal, guessing the topic from its title, and connect the title of the text with their prior knowledge. Unfortunately, they did not realize that those activities belong to planning because it happened before the reading activity began. Furthermore, in monitoring stages, most of the students had a lack of vocabularies, find the main idea and topic. Here, in this stage, the students described how they overcome their problem in reading and also showed what kind of strategies they used in monitoring in their reading. Moreover, in evaluating stages the students described that they made a conclusion toward the article, they evaluated their reading whether they understand it or not. It showed that the students applied what they have read into another situation which in this case, was making a conclusion toward the text. they tried to check their understanding of the article by making a conclusion. They also stated that when they were making a conclusion, they would write specific information only.
In brief, in this study, the students successfully applied metacognitive strategy in their reading because they were able to implement the stages, started from planning before they read, then monitoring and regulating during their reading, and also evaluating in the final performance. The students were able to comprehend the reading passage using those strategies.