Kompetensi Profesional Guru Taman Kanak-kanak pada Masa Pandemi Covid-19
Professional Competence Of Kindergarten Teachers During The Covid-19 Pandemic
Kondisi pembelajaran masa pandemi yang berbeda membuat peneliti tertarik untuk meneliti kompetensi profesional guru yang melaksanakan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan Kompetensi Profesional Guru TK Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di TK DWP Slempit II Kedamean-Gresik dengan subyek penelitian 2 pendidik yang sudah tersertifikasi PG PAUD. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti dengan bantuan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam proses penelitian. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini diperoleh gambaran mengenai lima indikator kompetensi profesional guru di TK Dharma Wanita Persatuan Slempit II yaitu (1) penguasaan materi pembelajaran, (2) penguasaan standar kompetensi pembelajaran, (3) pengembangan materi pembelajaran secara kreatif, (4) pengembangan profesional dan tindakan reflektif guru, (5) pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Pembelajaran pada masa pandemi TK DWP Slempit II terkait perencanaan pembelajaran menggunakan RPPM BDR. Hal ini berbeda ketika pembelajaran sebelum pandemi, yang mana rencana pembelajaran menggunakan RPPH. RPPM BDR berisi kegiatan anak selama satu minggu, yang mana dalam satu harinya anak dapat mengerjakan satu kegiatan yang disukainya. Adapun pelaksanaan KBM pada masa pandemi ini menggunakan WhatsApp Group melalui chat, voice note, dan video pembelajaran. Terkait pengumpulan hasil kerja anak dilakukan setiap hari, walimurid dapat mendokumentasi hasil kerja anak kemudian mengirimkannya kepada guru kelasnya melalui WhatsApp.
Kata Kunci: Guru, Profesional, Pembelajaran, Kompetensi
The different learning conditions during the pandemic made researchers interested in examining the professional competence of teachers who carried out distance learning during the pandemic. The purpose of this study is to describe the Professional Competence of Kindergarten Teachers During the Covid-19 Pandemic. This research is a type of qualitative research with a case study method. This research was conducted at TK DWP Slempit II Kedamean-Gresik with research subjects 2 educators who have been certified PG PAUD. Data collection techniques using observation techniques, interviews, and documentation. The main instrument in this study is the researcher with the help of observation sheets, interviews, and documentation in the research process. Data analysis used the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation and data verification. The results of this study obtained an overview of the five indicators of teacher professional competence in TK Dharma Wanita Persatuan Slempit II, namely (1) mastery of learning materials, (2) mastery of learning competency standards, (3) creative development of learning materials, (4) professional development and action. teacher reflective, (5) the use of information and communication technology. Learning during the TK DWP Slempit II pandemic related to learning planning using the BDR RPPM. This is different from the pre-pandemic learning, where the lesson plan uses RPPH. RPPM BDR contains children's activities for one week, where in one day the child can do one activity he likes. The implementation of KBM during this pandemic uses WhatsApp Groups through chat, voice notes, and learning videos. Regarding the collection of children's work done every day, parents can document the results of children's work and then send it to their class teacher via WhatsApp.
Keywords: Teacher, Professional, Learning, Competence