PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN LITERASI SAINS PADA MATERI ENERGI DI KELAS X SMA
LEARNED INQUIRY LEARNING TO TRAIN SCIENCE LITERATION IN ENERGY MATERIALS IN CLASS X SMA
Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan guna mendeskripsikan terkait keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing, adanya peningkatan dalam kemampuan literasi sains, dan mengetahui respon siswa dengan menerapkan pembelajaran model inkuiri terbimbing pada materi energi di kelas X IPA SMA Negeri 13 Surabaya. Desain penelitian pada penelitian ini adalah one group pretest and posttest pada tiga kelas. Subjek yang digunakan pada penelitian ini merupakan siswa kelas X IPA 1, X IPA 2, dan X IPA 3 di semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah total 108 siswa. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel kontrol yakni waktu, materi, guru, dan perangkat pembelajaran. Variabel bebas yakni penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing, dan variabel terikat yakni peningkatan kemampuan literasi sains. Pengumpulan data menggunakan metode tes, penyebaran angket, dan observasi. Teknik untuk menganalisis data pada penelitian ini menggunakan uji nilai n-gain dan t-berpasangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing mulai dari tahap pendahuluan, kegiatan inti, penutup, dan pengelolaan kelas mendapatkan skor sebesar 3,6 dengan kategori sangat baik. Kemampuan literasi sains siswa mendapatkan skor n-gain sebesar 0,7373 pada kelas replikasi 1, 0,7047 pada kelas replikasi 2, dan 0,7782 pada kelas replikasi 3. Berdasarkan analisis uji t-berpasangan terjadi peningkatan kemampuan literasi sains. Penelitian yang telah dilakukan mendapatkan respon yang baik. Sehingga pada penelitian yang telah dilakukan, model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.
Kata kunci: inkuiri terbimbing, peningkatan literasi sains, respon siswa, energi
This study aims to describe the implementation of guided inquiry learning, increase the ability of scientific literacy, and determine student responses by applying the guided inquiry learning model on energy material in class X IPA of SMA Negeri 13 Surabaya. The study design used in this study was one group pretest and posttest in three classes. The subjects used in this study were students of class X IPA 1 as a replication class 1, X IPA 2 as a replication class 2, and X IPA 3 as a replication class 3 in the second semester of the 2019/2020 school year with totaling 108 students. The variables in this study include the control variables are teacher, time, learning devices, and material. The independent variable is the application of the guided inquiry learning model, and the dependent variable is the increase in scientific literacy skills. Data collection using the test, questionnaire, and observation methods. The study data analysis technique used paired t-test and n-gain value. The results of this study indicate that the implementation of the guided inquiry learning model starting from the preliminary stage, core activities, closing, and class management get a score of 3.6 with a very good category. Scientific literacy ability of students got an n-gain score of 0.7373 in replication class 1, 0.7047 in replication class 2, and 0.7782 in replication class 3. Based on the analysis of paired t-test, there was an increase in science literacy ability. Study that has been done get good response. So that in the study that has been done, the guided inquiry learning model can be declared effective to improve student's scientific literacy skills.
Keywords: guided inquiry, increased scientific literacy, student responses, energy