NUMBER SENSE SISWA PADA MATERI EKSPONEN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF
STUDENTS’ NUMBER SENSE ON EXPONENTIAL BASED ON REFLECTIVE-IMPULSIVE COGNITIVE STYLE
Number sense berperan penting dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diperoleh dari pengalaman belajar sejak usia dini. Number sense merupakan kemampuan seseorang dalam memahami bilangan dan operasinya serta menggunakannya untuk menyelesaikan masalah secara fleksibel. Setiap individu memiliki number sense yang berbeda, salah satu penyebabnya adalah gaya kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan number sense siswa pada materi eksponen ditinjau berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu siswa bergaya kognitif reflektif dan satu siswa bergaya kognitif impulsif kelas X dengan peminatan Ilmu Pengetahuan Alam berjenis kelamin sama dan berkemampuan matematika setara. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi Tes Gaya Kognitif (TGK), Tes Kemampuan Matematika (TKM), Tes Number Sense (TNS), dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, subjek reflektif dan impulsif mampu menjelaskan definisi eksponen akan tetapi subjek impulsif tidak mengetahui hubungan bentuk akar dengan eksponen. Kedua subjek mampu mengubah bentuk eksponen dengan nilai ekuivalen. Subjek reflektif mampu menggunakan sifat perkalian, pembagian, dan perpangkatan eksponen. Sedangkan subjek impulsif dapat menggunakan sifat perkalian dan perpangkatan eksponen meskipun membuat beberapa kesalahan. Subjek reflektif dan impulsif menggunakan metode perhitungan mental dan kertas. Subjek reflektif mampu memberi alternatif lain penyelesaian TNS, namun tidak dengan subjek impulsif. Subjek reflektif mengecek kembali jawabannya, sedangkan subjek impulsif tidak mengecek kembali padahal ia telah melakukan beberapa ketidaktelitian.
Number sense has an important role in daily live, it can be obtained from learning experience from an early age. Number sense is ability to understand numbers and its operations, then it also use to solve the problem flexibly. Every student has different number sense which one of the causes is cognitive style. This research aims to descript students’ number sense on exponential based on reflective-impulsive cognitive style. Subject in this research is one reflective student and one impulsive student grade X with specialization in natural science, in the same gender, and have equivalent math skills. The research instruments consist of Cognitive Style Test, Math Ability Test, Number Sense Test, and interview guidelines. Based on the research result, reflective and impulsive subject can grasps definition of exponent but impulsive subject is not able to understand relation between swuare root and exponent. Both of them are able to change the form of exponent with equivalent value. Reflective subject is able to use multiplication, division, and powers. On other hands, impulsive subject is able to use multiplication and powers but made some mistakes. Reflective and impulsive subject use mental calculation and paper to solve Number Sense Test. Reflective subject able to give alternative solution to solve Number Sense Test, but not for impulsive subject. Reflective subject revise the answer and impulsive subject doesn’t revise the answer so impulsive subject makes some mistakes because it is not careful to solve Number Sense Test.