STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU DI SEKOLAH INKLUSIF
SCHOOL LEADERSHIP STRATEGY IN IMPROVING TEACHER PERFORMANCE IN INCLUSION SCHOOLS
ABSTRAK
Tujuan penulisan artikel ilmiah ini untuk memahami, mendeskripsikan dan menganalisis strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di sekolah inklusi. Metode yang dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah ini menggunakan studi kepustakaan. Data dikumpulkan melalui kajian teks dan hasil-hasil penelitian yang relevan. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah: Pertama, informasi data yang telah terkumpul diklasifikasi berdasarkan rumusan masalah yang dikaji. Kedua, informasi data yang dikaji secara kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Ketiga, berdasarkan Hasil analisis dan interpretasi data, dilakukan pengambilan simpulan yang dilengkapi dengan saran-saran. Hasil kajian artikel ilmiah menunjukan bahwa strategi kepemimpinan kepala sekolah sangat berperan penting dalam peningkatan kinerja guru. Strategi ini mencakup: (1) pendekatan dan komunikasi yang dilakukan kepala sekolah dalam pelaksanaan: pelatihan bagi guru pembimbing sekolah inklusif, workshop, seminar, supervisi klinis; (2) memberikan reward serta hukuman dan ; (3) pemberian motivasi.
Kata kunci: strategi kepemimpinan kepala sekolah, peningkatan kinerja guru, sekolah inklusi
ABSTRACT
The purpose of writing this scientific article is to understand, describe and analyze principal leadership strategies in improving the performance inclusion schools. The method that will be used in this scientific article is literature study. Data will be collected through text review and relevant research results. Data analysis is carried out by the following steps: first, the data information that has been collected is classified based on the formulation of the problem being studied. Second, the data information studied was qualitatively analyzed using content analysis. Third, based on the result of the analysis and interpretation of the data, conclusions are taken principal's leadership strategy play an important role in improving teacher performance. This strategy includes: (1) approaches and communication carry out by school principals in implementation : training for teacher of inclusive schools,workshop,seminar,clinical supervision, (2) provide rewards and punishments and (3) giving motivation
Keywords: principal leadership strategy, teacher performance improvement, school inclusion