Penelitian ini berawal dari rendahnya keterampilan menulis siswa kelas IV sekolah dasar. Keterampilan menulis merupakan permasalahan mendasar bagi sebagian guru dalam menyampaikan materi pada siswa namun di sisi lain siswa memiliki keterampilan menulis materi pembelajaran yang masih rendah yang disampaikan oleh guru. Rendahnya keterampilan menulis disebabkan guru belum menggunakan media pembelajaran yang tepat dan dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode yang monoton seperti ceramah tanpa melibatkan siswa secara langsung. Siswa hanya pasif ketika mendengarkan materi tanpa adanya umpan balik terhadap materi pembelajaran, sehingga dampaknya adalah hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal serta akan berdampak buruk pada kualitas pembelajaran tema daerah tempat tinggalku. Mencermati permasalahan di atas, munculah suatu ide untuk peningkatan menulis dengan salah satu media pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran bahasa indonesia yaitu media gambar berseri berbasis android.
Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil menulis siswa, dan kendala serta cara mengatasi dalam Media Gambar Berseri berbasis android untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV sekolah dasar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media gambar berseri berbasis android tingkat keterlaksanaan siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan menjadi 94persen, nilai ketercapaian siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan menjadi 85, hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis secara klasikal dari siklus I samapai siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,2persen, dan kendala kendala yang dihadapi dapat diatasi dengan baik.
Kata Kunci gambar berseri, android, keterampilan menulis
This research started from the low writing skills of grade IV elementary school students. Writing skills are a fundamental problem for some teachers in conveying material to students, but on the other hand students have the skills to write learning materials that are still low delivered by the teacher. The lack of writing skills is due to the teacher not using appropriate learning media and in learning the teacher still uses monotonous methods such as lectures without involving students directly. Students are only passive when listening to the material without any feedback on the learning material, so the impact is the learning outcomes obtained by students are not optimal and will have a negative impact on the quality of learning the theme of the area where I live. Observing the problems above, an idea emerged to improve writing with one of the learning media in accordance with Indonesian language subjects, which is an Android based serial image media.
The purpose of this study is to improve student writing results, and the obstacles and ways to overcome in the Android based Series of Image Media to Improve Indonesian Language Content Writing Skills in Grade IV Elementary School students.
This type of research is Classroom Action Research which is carried out collaboratively. The study was conducted in two cycles, each cycle there are three stages, namely planning, implementation and observation, reflection. Data collection techniques used were observation and tests. The results of the study showed that the android based serial image media implementation level of cycle I to cycle II had increased to 94persen, the achievement value of cycle I to cycle II had increased to 85, student learning outcomes in writing skills classical from cycle I to cycle II has increased to 81.2persen, and the constraints faced can be overcome properly.
Keywords radiant picture, android, writing skills.