REDESAIN USER INTERFACE & USER EXPERIENCE APLIKASI MOBILE “TRANSPORTASIKU - SURABAYA SMART MOBILITY”
REDESIGN USER INTERFACE & USER EXPERIENCE MOBILE APPLICATION “TRANSPORTASIKU - SURABAYA SMART MOBILITY”
Aplikasi mobile saat ini banyak digunakan untuk keperluan pelayanan masyarakat oleh pemerintah. Salah satunya adalah Dishub (Dinas Perhubungan) kota Surabaya, yang menggunakan aplikasi mobile dalam menunjang pelayanan kepada masyarakat. Aplikasi mobile paling mutakhir yang dirilis oleh Dishub yaitu Transportasiku – Surabaya Smart Mobility, dimana satu aplikasi ini memuat informasi yang ada dalam beberapa aplikasi mobile yang telah dirilis oleh Dishub. Namun dalam tinjauan tanggapan pengguna yang penulis lakukan serta respon kuesioner yang telah disebarkan, ada pengguna-pengguna yang mengeluhkan bahwa ada kekurangan pada aplikasi dari aspek User Interface dan aspek User Experience. Maka perlu dilakukan redesain aplikasi, agar aplikasi mudah dipahami oleh pengguna dan menarik dari segi visual. Redesain dilakukan dengan menggunakan metode Rapid Application Development, sehingga proses redesain bisa berlangsung dengan cepat, dengan tahapan perencanaan, perancangan, dan implementasi. Wujud dari perancangan ini adalah berupa prototipe aplikasi, serta media pendukung berupa poster, billboard, dan videotron sebagai media promosi aplikasi agar masyarakat tertarik dan lebih banyak lagi yang menggunakan aplikasi Transportasiku – Surabaya Smart Mobility.
Mobile applications are currently widely used for community services by the government. One of them is the Surabaya Transportation Agency (Transportation Agency), which uses mobile applications to support services to the community. The most recent mobile application released by Dishub is Transportasiku - Surabaya Smart Mobility, where this one application contains information contained in several mobile applications that have been released by Dishub. However, in reviewing the user's responses that the authors did as well as the questionnaire responses that had been distributed, there were users who complained that there were deficiencies in the application from the User Interface and User Experience aspects. Then it is necessary to redesign the application, so that the application is easily understood by users and attractive in terms of visuals. Redesign is done using the Rapid Application Development method, so that the redesign process can take place quickly, with the stages of planning, design, and implementation. The form of this design is in the form of a prototype application, as well as supporting media in the form of posters, billboards, and videotrons as a media promotion application so that the public is interested in and more are using the Transportasiku - Surabaya Smart Mobility application.