DEVELOPMENT OF VIDEO TUTORIALS AS ONLINE LEARNING MEDIA ON CORRECTIVE FACE MAKEUP COMPETENCE
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan video tutorial sebagai media pembelajaran daring pada kompetensi rias wajah korektif. Tata rias wajah korektif adalah kegiatan merias wajah dengan melakukan koreksi untuk menyamarkan bentuk-bentuk atau bagian wajah yang dirasa kurang sempurna, juga menonjolkan bagian-bagian yang sudah sempurna dengan memberi teknik shading (bayangan gelap) dan tinting (bayangan terang). Pengembangan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) oleh Borg and Gall yang ada dalam buku Sugiyono dengan tiga langkah penyederhanaan metode penelitian yang dilakukan peneliti yaitu: (1) Tahap studi pendahuluan, dengan melakukan penelitian mengenai pembelajaran daring dan mengumpulkan sumber materi yang terkait (2) Tahap pengembangan media, yaitu menyusun storyboard, membuat video tutorial, dan editing video (3) Tahap validasi, adalah tahap uji kelayakan yang dinilai oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajar atau guru SMK dengan tiga aspek penilaian yaitu aspek pembelajaran, aspek media, dan aspek kelayakan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video tutorial sebagai media pembelajaran pada kompetensi rias wajah korektif dengan tingkat penilaian pada aspek pembelajaran diperoleh presentase sebesar 79% dan berada pada kategori layak, penilaian pada aspek media diperoleh presentase 82,8% berada pada kategori sangat layak, penilaian pada aspek kelayakan media diperoleh presentase 80,6% dan berada pada kategori layak. Hasil rata-rata dari ketiga aspek penilaian diperoleh presentase sebesar 80,8% berada pada kategori layak.
Kata kunci: Media pembelajaran, Video tutorial, Rias wajah korektif
Abstract
This study aims to determine the feasibility of video tutorials as online learning media on corrective makeup competencies. Corrective makeup is an activity of applying make-up by making corrections to disguise the shapes or parts of the face that are deemed less than perfect, as well as highlighting parts that are already perfect by applying shading (dark shadows) and tinting (light shadows) techniques. The development in this study uses the Research and Development (R&D) research method by Borg and Gall in Sugiyono's book with three steps of simplifying the research method carried out by the researcher, namely: (1) The preliminary study stage, by conducting research on online learning and collecting material resources related (2) The media development phase, namely compiling storyboards, making video tutorials, and editing videos (3) The validation phase, is the feasibility test phase which is assessed by media experts, material experts, and learning experts or vocational teachers with three aspects of assessment, namely learning aspects, media aspects, and media feasibility aspects. The results showed that video tutorials as learning media on corrective makeup competence with an assessment level of 79% in the learning aspect and in the assessment category, the assessment on the media aspect obtained 82.8% was in the very decent category, on the media aspect it obtained the percentage of 80.6% and is in the decent category. The average results of the three aspects of the assessment obtained a percentage of 80.8% in the decent category.
Keywords: Learning media, Video tutorials, Corrective makeup