Analisis Materi Video Hallo Deutschschule sebagai Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Kelas XI
Analysis of Hallo Deutschschule Video Material as Teaching Material for German Speaking Skills Class XI
Hallo Deutschschule merupakan kanal di Youtube yang memuat video pembelajaran Bahasa Jerman. Video memiliki materi yang berpotensi membantu pembelajaran siswa tema Essen und Trinken keterampilan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah, yaitu untuk mengetahui kesesuaian materi video Hallo Deutschschule tema Essen und Trinken sebagai bahan ajar keterampilan berbicara Bahasa Jerman kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah simak catat terhadap video pada kanal Hallo Deutschschule yang merupakan sumber data dalam penelitian ini. Data yaitu berupa kata dan kalimat yang terdapat pada video. Teknik pengumpulan data diawali dengan penulisan transkripsi video. Teknik analisis data diawali dengan reduksi data, yaitu memilah poin-poin yang sesuai dengan tema Essen und Trinken. Pada tahap penyajian dan kesimpulan, data disajikan dalam tabel, dibandingkan, serta dianalisis kesesuaiannya. Data selanjutnya dihitung hingga dihasilkan bentuk prosentase hasil kesesuaian yang diperoleh sebesar 88% materi video Hallo Deutschschule sesuai dengan materi kurikulum 2013 tema Essen und Trinken.
Hallo Deutschschule is a channel on Youtube that contains German learning videos. The videos have material that has the potential to help student learning tema Essen und Trinken speaking skills. This study aims to answer the formulation of the problem, namely to determine the suitability of the video material Hallo Deutschschule tema Essen und Trinken as teaching materials for Class XI German speaking skills. The method used in this study is to refer to the video record on the Channel Hallo Deutschschule which is the source of data in this study. Data is in the form of words and sentences contained in the video. Data collection technique begins with video transcription writing. The data analysis technique begins with data reduction, namely sorting out the points that correspond to the theme of Essen und Trinken. At the stage of presentation and conclusion, the data are presented in tables, compared, and analyzed for suitability. The next Data is calculated to produce the percentage of conformity results obtained by 88% Hallo Deutschschule video material in accordance with the curriculum material 2013 theme Essen und Trinken.