PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP KELAS VII MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA
INCREASING LEARNING OUTCOMES FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN CLASS VII THROUGH THE APPLICATION OF GUIDED INQUIRY-BASED LEARNING ON HEAT MATERIALS AND TRANSFER
ABSTRAK
Nama : Galang Sasmito Aji
NIM : 18030654023
Progam Studi : S1 Pendidikan Sains
Jurusan : Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Mohammad Budiyanto., M.Pd.
Email : galang.18023@mhs.unesa.ac.id
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran, peningkatan hasil belajar serta respons peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing pada materi kalor dan perpindahannya. Penelitian yang diterapkan merupakan penelitian pre-experimental dengan menggunakan desain penelitian one group pretest post-test. Penelitian dilakukan dengan menggunakan satu subjek kelas VII-C di SMP Semen Gresik, dimana kelas VII ini memiliki jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes berupa soal pilihan ganda dan angket respons peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatf. Hasil yang didapat dari pengumpulan data akan dianalisis berupa keterlaksanaan proses pembelajaran, respons peserta didik akan penerapan model pembelajaran, ketuntasan hasil belajar peserta didik, ketuntasan hasil belajar ini dilihat dari hasil analisis N-Gain dan uji paired t-test. Hasil penelitian diperoleh menunjukkan nilai modus hasil pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada pertemuan pertama sebesar 4 dan 4 pada pertemuan kedua yang termasuk kedalam kriteria pelaksanaan pembelajaran sangat baik, sedangkan untuk hasil respons peserta didik menunjukkan respons positif dengan hasil rata-rata sebesar 89,5% yang termasuk kedalam kriteria sangat baik. Hasil analisis uji N-Gain didapatkan sebesar 0,59 yang termasuk kedalam kategori sedang. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dengan nilai signifikansi yang didapatkan sebesar 0,000. Berdasarkan fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP Kelas VII pada materi kalor dan perpindahannya.
Kata Kunci : hasil belajar, pembelajaran inkuiri terbimbing, dan materi kalor dan perpindahannya
ABSTRACT
Name : Galang Sasmito Aji
Student ID : 18030654023
Study Program : Bachelor Degree in Science Education
Department : Science
Faculty : Mathematics and Natural Sciences
Institution : State University of Surabaya
Adviser 1 : Dr. Mohammad Budiyanto., M.Pd.
This research was conducted to describe the implementation of the learning process, improve learning outcomes and student responses by applying a guided inquiry-based learning model on heat material and its transfer. The research applied is pre-experimental research using a one-group pre-test post-test. The study was conducted using one subject in class VII-C at SMP Semen Gresik, where class VII has a total of 22 students. The data collection technique uses the observation method, tests in the form of multiple-choice questions and response questionnaires to students to the application of guided inquiry-based learning models. The data analysis technique used is quantitative descriptive. The results obtained from data collection will be analyzed in the form of the implementation of the learning process, student responses to the application of learning models, completeness of student learning outcomes, completeness of learning outcomes seen from the results of N-Gain and paired t-test. The results obtained showed that the mode value of the results of the implementation of learning activities at the first meeting was 4 and 4 at the second meeting which was included in the criteria for implementing very good learning, while the results of the student responses showed a positive response with an average result of 89.5% which included into very good criteria. test analysis was N-Gain obtained at 0.59 which was included in the medium category. Student learning outcomes have increased significantly, with a significance value obtained of 0.000. Based on these facts, it can be concluded that there is an effect of guided inquiry-based learning in improving the learning outcomes of Class VII Junior High School students in the matter of heat and its transfer.
Keyword : learning outcomes, guided inquiry learning, and heat and transfer materials.