Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk Meningkatkan Berpikir Logis
Development of Physical Education, Sports, and Health Learning Models to Improve Logical Thinking Ability
ABSTRAK
Hasmara, Puguh Satya. 2023. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk Meningkatkan Berpikir Logis. Disertasi. Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Promotor: Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. dan Co-Promotor: Prof. Drs. Suroto, M.A., Ph.D.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, PJOK, Berpikir Logis
Melihat perkembangan dunia, pendidikan di Indonesia berada diurutan 64 dan pemerintah Indonesia sudah melakukan perombakan kurikulum demi meningkatkan mutu pendidikan dan taraf hidup penduduk. Tujuan pendidikan Indonesia mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta beradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, berkembangnya potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhalak mulia, sehat berilmu, cakap, logis, mandiri, dan menjadi manusia yang demokratis dan bertanggungjawab. Kurikulum pendidikan sudah mengarah untuk pengembangkan cara berpikir logis peserta didik, kritis menyelesaikan masalah, dan komunikasi serta kolaborasi. Mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (PJOK) memiliki tanggungjawab untuk mewujudkan tujuan pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran dalam mata pelajaran PJOK yang dapat meningkatkan berpikir logis peserta didik ditingaktkan sekolah menengah pertama. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan yang ditindaklanjuti dengan ujicoba menggunakan desain ekperimen The Posttest-Only Control Group Design. Subjek penelitian ini menggunakan 3 Guru PJOK SD dan 3 ahli pembelajaran PJOK serta peserta didik tingkat sekolah dasar untuk uji kelompok kecil 2 sekolah dan kelompok besar 6 sekolah. Teknik sampling menggunakan metode purposif sampling.
Hasil penelitian menunjukan terkait model pembelajaran PJOK untuk meningkatkan berpikir logis dilihat dari validitas, kepraktisan dan keefektifitas model pembelajaran. Validitas model pembelajaran meliputi rancangan produk model pembelajaran memperoleh nilai persentase rata-rata 83.7% menunjukan bahwa model pemembelajaran berarti valid atau baik, dan validasi RPP model pembelajaran memperoleh nilai persentase rata-rata 86% menunjukan bahwa RPP model pemembelajaran berarti valid atau baik. Kepraktisan model pembelajaran memperoleh nilai persentase rata-rata per komponen 81.8% menunjukan bahwa RPP model pemembelajaran berarti valid atau baik. Keefektifitas model pembelajaran meliputi keterlaksanaan, FCE (Formative Class Evaluation), inventori kepribadian logis, dan tes kemampuan berpikir logis berdasarkan uji efektifitas ada perbedaan yang signifikan. Artinya model pembelajaran ini dapat disimpulkan dapat digunakan untuk meningkatkan berpikir logis peserta didik.
ABSTRACT
Hasmara, Puguh Satya. 2023. Development of Physical Education, Sports, and Health Learning Models to Improve Logical Thinking Ability. Dissertation Doctoral of Sport Science Program, Post Graduate of The State University of Surabaya. Promotor: Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. dan Co-Promotor: Prof. Drs. Suroto, M.A., Ph.D.
Keywords: Learning Model, PJOK, Logical Thinking
Seeing world developments, education in Indonesia is ranked 64 and the Indonesian government has carried out curriculum reforms in order to improve the quality of education and the standard of living of the population. The purpose of Indonesian education is to develop capabilities and shape the character and civilization of a dignified nation in order to educate the nations life, develop the potential of students to become human beings who believe in God Almighty, have noble character, are healthy, knowledgeable, capable, logical, independent, and become democratic human beings. and be responsible. The education curriculum has been directed to develop students logical thinking, critical problem solving, and communication and collaboration. Physical education, sports and health (PJOK) subjects have a responsibility to realize educational goals.
This study aims to develop a learning model in PJOK subjects that can improve students logical thinking at the junior high school level. This study uses a development research model which is followed up with a trial using The Posttest-Only Control Group Design experimental design. The subjects of this study used 3 PJOK SD teachers and 3 PJOK learning experts as well as elementry school students to test small groups of 2 schools and large groups of 6 schools. The sampling technique used purposive sampling method.
The results showed that the PJOK learning model was related to improving logical thinking in terms of the validity, practicality and effectiveness of the learning model. The validity of the learning model includes the design of the learning model product obtaining an average percentage value of 83.7% indicating that the learning model is valid or good, and the validation of the learning model RPP obtaining an average percentage value of 86% indicating that the learning model lesson plan is valid or good. The practicality of the learning model obtained an average percentage value per component of 81.8%, indicating that the learning model lesson plans are valid or good. The effectiveness of the learning model includes implementation, FCE (Formative Class Evaluation), logical personality inventory, and logical thinking ability test based on the effectiveness test there are significant differences. This means that this learning model can be concluded that it can be used to improve students logical thinking.