PEMAKNAAN BRAND CHINA
(Studi Fenomenologi Pada Millennial Pengguna Mobil Wuling di Surabaya)
Penelitian ini mengkaji tentang pemaknaan informan mengenai sebuah merek yang berasal dari negara tertentu. Tujuan penelitian ini diadakan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perilaku atau fenomena yang ada di masyarakat khususnya warga surabaya tentang persepsi atau pandangan generasi millenial terhadap sebuah merek otomotif baru asal negara China yang bernama Wuling di Indonesia. Latar belakang penelitian ini dilakukan adalah maraknya pengguna mobil Wuling di kota Surabaya, mengingat dahulu stereotipe citra negara China pada aspek kualitas produk cenderung negatif. Oleh karena itu peneliti tertarik mengetahui latar belakang pengguna mengkonsumsi merek Wuling dan bagaimana persepsi mereka terhadap merek Wuling dan negara China saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi partisipan, dan studi pustaka. Hasil penelitian yang didapatkan dari proses wawancara informan menunjukkan bahwa strereotipe negatif tentang negara China yang terkenal dengan produk-produk tiruan dengan harga dan kualitas rendah sudah mulai terkikis seiring berjalannya waktu dan upaya China untuk memperbaikinya, salah satunya dengan menghadirkan produk Wuling hingga konsumen memiliki perspektif serta pemaknaan positif terhadap Wuling dan negara China.
Kata kunci : Citra Merek, Country of Origin, Perilaku Konsumen
This study examines how the meaning of informants regarding a brand originating from a particular country. The purpose of this study was to find out and describe the behavior or phenomena that exist in society, especially Surabaya residents about the millennial's perception or view of a new automotive brand from China named Wuling in Indonesia. The background of this research is the rise of Wuling car users in the city of Surabaya, considering stereotype of China's image on negative aspect of product quality. Therefore, the researcher wants to know the background of users who consume Wuling brand and how they perceive Wuling brand and the current state of China. This study uses a qualitative method with a phenomenological approach. Data collection techniques with interviews, participant observation, and literature study. The results obtained from interview process of informants indicate that negative stereotypes about China, which is famous for its counterfeit products with low prices and quality, have begun to erode over time and China's efforts to improve it, one of which is by presenting Wuling products so that consumers have perspectives and meanings. positive towards Wuling and China.
Keywords: Brand Image, Country of Origin, Consumer Behavior