ABSTRAK
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE PERMAINAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA
Nama : Dinar Gita Safitri
NIM : 15030184071
Progam Studi : Pendidikan Fisika
Jurusan : Fisika
Fakultas : MIPA
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Rudy Kustijono, M.S.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis peserta SMA. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental dengan desain one-group pre-test post-test. Populasi dari penelitian ini yaitu kelas 10 SMA Negeri 1 Arosbaya. Subjek dari penelitian ini adalah kelas X-MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIPA 5 sebagai kelas replikasi. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel manipulasi yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing dan keterlaksanaan model pembelajran inkuiri terbimbing, variabel respon yaitu keterampilan berpikir kritis peserta didik, variabel kontrol yaitu materi hukum Newton tentang gerak, guru, dan alokasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan uji t berpasangan dan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode permainan memperoleh kategori sangat baik dengan persentase keterlaksanaan kelas X-MIPA 1 87,4% dan kelas X-MIPA 5 87,7%. Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode permainan dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kedua kelas, dibuktikan dengan setiap indikator berpikir kritis mengalami peningkatan di setiap kelasnya dan rata-rata n-gain yang diperoleh sebesar 0,577 dan 0,530 dengan kategori sedang. Selain itu hasil analisis uji-t berpasangan menunjukkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode permainan berdampak pada keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan thitung sebesar 24,802 pada X-MIPA 1 dan 42,179 pada X-MIPA 5. Sedangkan ttabel yang diperoleh sebesar 1,695 dan 1,699; sehingga diperoleh ttabel < thitung yang berlaku H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran inkuiri terbimbing dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan peningkatan berkategori sedang.
Kata kunci : inkuiri terbimbing, berpikir kritis
ABSTRACT
THE IMPLEMENTATION OF GUIDED INQUIRY LEARNING WITH GAME METHOD TO TRAIN CRITICAL THINKING SKILLS OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Name : Dinar Gita Safitri
Student’s Number : 15030184071
Study’s Program : Bachelor Degree in Physics Education
Department : Physics
Faculty : Mathematics and Natural Sciences
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Rudy Kustijono, M.S.
This research aims to describe the influence of guided inquiry learning process to critical thinking skills of senior high school students. Kind of this research that be used is pre-experimental with one-group pre-test post-test design. The population of this research is the student on 10st grade of SMA Negeri 1 Arosbaya. The subjects of the study are students of class X- SCIENCES 1 as the implementation class and X-SCIENCES 5 as the replication class. The variables in this research including manipulation variable is guided inquiry learning model and implementation of learning guided inquiry model, response variable is critical thinking skills, and control variable are Newton law, teacher, and learning time allocation. The technique of data analysis that used is t-test and n-gain. The result of this research shows that the learning process with applying guided inquiry learning model with games method got a very good categories with the percentage of X- SCIENCES 1 class is 87.4% and percentage of X- SCIENCES 5 class is 87,7. The implementation of learning guided inquiry model with games method can be practice the critical thinking skills in both classes. Evidence by each indicator of critical thinking experiencing an increase in each class and the average n-gain obtained is 0,577 and 0,530 with the medium category. In addition, the result of the t-test show that the guided inquiry learning model with the game method has an impact on students critical thinking skills with tcount of 24,802 on X- SCIENCES 1 and 42,179 on X- SCIENCES 5. While the ttable obtained is 1,695 and 1,699; so that the applicable ttable <tcount are H0 rejected H1 accepted. This research can be conclude that guided inquiry learning prosses can be practice the critical thinking skills of the student with medium category improvements.
Keyword : guided inquiry, critical thinking skills