Pengalaman Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Menggunakan Podcast untuk Belajar Berbicara Bahasa Inggris
Senior High School Students’ Experiences in Using Podcast to Learn English Speaking
Di abad 21 yang berkembang pesat, berbagai media inovatif telah diperkenalkan dalam pembelajaran berbicara bahasa Inggris; salah satu produk teknologi populer yang diciptakan untuk mendukung pembelajaran berbicara bahasa Inggris adalah Podcast. Saat ini, Podcast memiliki beragam konten yang dapat membantu dan mendukung siswa tingkat menengah dalam belajar berbicara bahasa Inggris. Beberapa penelitian sebelumnya menemukan bahwa Podcast dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, tetapi masih belum menunjukkan bagaimana siswa memanfaatkan Podcast untuk belajar berbicara bahasa Inggris. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman siswa menggunakan Podcast dan bagaimana siswa memanfaatkan Podcast untuk belajar berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Penelitian ini dilakukan dengan mensurvei 15 siswa kelas sebelas di wilayah Sidoarjo dan Surabaya, khususnya siswa yang memiliki pengalaman menggunakan Podcast untuk belajar berbicara bahasa Inggris lebih dari satu kali. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan kuesioner terbuka yang dibagikan kepada partisipan di Google Forms yang disebarkan melalui Media Sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa podcast dapat memudahkan siswa untuk mengakses materi otentik dari penutur asli karena menyediakan jenis Podcast dengan berbagai konten tema Podcast populer. Podcast dapat membantu siswa dalam fokus pada aspek berbicara mereka, seperti tata bahasa, kefasihan, kosa kata, pengucapan, dll. Siswa menggunakan Podcast dengan cara yang biasa mereka lakukan saat belajar, seperti mencari Podcast di platform online, mendengarkan dan menonton , mencatat, menyadari, berlatih. Dapat disimpulkan bahwa Podcast adalah sumber media pembelajaran yang bermanfaat untuk belajar berbicara bahasa Inggris
In the fast-developing 21st century, various innovative media have been introduced in learning English speaking; one of the popular products of technology created to support learning English speaking is Podcast. Currently, Podcast has a variety of content that can assist and support secondary-level students in learning English speaking. Some previous studies found that Podcasts can improve students' speaking skills, but they still did not show how students make the most of Podcasts for learning to speak English. Therefore, this study aimed to find out students' experiences using Podcasts and how students make the most of Podcasts for learning English speaking. This study was a survey study. This research was carried out by surveying 15 eleventh graders in the Sidoarjo and Surabaya area, specifically, students who have experience using Podcasts to learn English speaking more than once. To collect the data, the researcher used open-ended questionnaires distributed to participants in Google Forms that spread through the Social Media. The results showed that podcasts can make it easier for students to access authentic material from native speakers since it provides kinds of Podcasts with various popular Podcast theme content. Podcasts can assist students in focusing on their aspects of speaking, such as grammar, fluency, vocabulary, pronunciation, etc. Students used the Podcast in the common ways they did while learning, such as searching the Podcast on an online platform, listening and watching, taking notes, realizing, practicing. It can be concluded that Podcast was a beneficial learning media resource for learn English speaking