PENGARUH EFIKASI DIRI AKADEMIK TERHADAP PRESTASI AKADEMIK EKONOMI DIMEDIASI MELALUI DISIPLIN DIRI AKADEMIK
THE EFFECT OF ACADEMIC SELF-EFFICACY ON ECONOMIC ACADEMIC ACHIEVEMENT MEDIATED THROUGH ACADEMIC SELF-DISCIPLINE
ABSTRAK
Nama : Gutama Dewi Putri
NIM : 20080554043
Program Studi : Pendidikan Ekonomi
Fakultas : Ekonomika dan Bisnis
Nama Lembaga : Univeritas Negeri Surabaya
Pembimbing : Eka Hendi Andriansyah, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengrauh efikasi diri akademik terhadap prestasi akademik ekonomi dimediasi melalui disiplin diri akademik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas X dan XI SMA dan MA di Kecamatan Balen dengan jumlah 605 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan metode proportionate stratified random sampling yaitu dengan jumlah 241 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan menggunakan software SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung efikasi diri akademik berpengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi akademik ekonomi, efikasi diri akademik berpengaruh signifikan dan positif terhadap disiplin diri akademik, disiplin diri akademik berpengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi akademik ekonomi serta secara tidak langsung efikasi diri akademik berpengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi akademik ekonomi dimediasi melalui disiplin diri akademik.
Kata Kunci : Efikasi Diri Akademik, Disiplin Diri Akademik, Prestasi Akademik Ekonomi
ABSTRACT
Name : Gutama Dewi PutriNIM : 20080554043Study Program : Economic EducationFaculty : Economics and BusinessInstitution : State University of SurabayaAdvisor : Eka Hendi Andriansyah, S.Pd., M.Pd.
This study aims to determine the effect of academic self-efficacy on economic academic achievement mediated through academic self-discipline. The research employs a causal associative type with a quantitative approach. The population in this study consists of tenth and eleventh-grade senior high school students (SMA) and madrasah aliyah (MA) students in Balen District, totaling 605 students. The sampling method used is proportionate stratified random sampling, resulting in a sample of 241 students. The data analysis technique employed in this study is Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) using SmartPLS version 3 software. The results of the study show that academic self-efficacy has a significant and positive direct effect on economic academic achievement, academic self-efficacy has a significant and positive effect on academic self-discipline, academic self-discipline has a significant and positive effect on economic academic achievement, and indirectly, academic self-efficacy has a significant and positive effect on economic academic achievement mediated through academic self-discipline.
Keywords: Academic Self-Efficacy, Academic Self-Discipline, Economic Academic Achievement